Tingkatkan Animo Masyarakat, Pejabat Sumenep Diminta Manfaatkan Pesawat Perintis

Avatar of PortalMadura.Com
Tingkatkan Animo Masyarakat, Pejabat Sumenep Diminta Manfaatkan Pesawat Perintis
Pesawat Perintis di Bandara Trunojoyo Sumenep

PortalMadura.Com, – Animo masyarakat untuk memanfaatkan pesawat perintis dalam transportasi udara di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, selama ini masih rendah. Akibatnya, pemerintah daerah meminta para pejabat untuk memberikan contoh dengan menggunakan pesawat perintis saat hendat bertugas keluar kota.

“Kami memang sengaja meminta para pejabat di Sumenep untuk memanfaatkan pesawat perintis saat bertugas keluar daerah. Ini kami lakukan untuk memancing animo masyarakat,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Hadi Soetarto, Senin (20/3/2017).

Menurut Sekda, dalam beberapa tahun terakhir ini masyarakat Sumenep memang masih merasa takut naik pesawat perintis karena dinilai terlalu kecil dan dikhawatirkan terjatuh, padahal pesawat perintis yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo itu telah menjamin keselamatan penumpang.

“Untuk pesawat perintis yang sekarang itu memiliki dua mesin. Jadi tidak perlu khawatir akan terjadi jatuh. Semuanya sudah layak,” tegasnya.

Jalur pesawat perintis yang juga melewati bandara Trunojoyo itu adalah Air Fast dengan kapasitas 15 penumpang.

Jadwal penerbangan perintis di jalur Sumenep-Surabaya sebanyak dua kali dalam sepekan, yakni pada Selasa dan Kamis pukul 08.00 WIB. Sementara di jalur Surabaya-Sumenep dijadwalkan pada Senin dan Rabu pukul 09.55 WIB. Sejak 2015, menjadi bagian dari jalur penerbangan perintis yang merupakan salah satu program Kemenhub RI.

Harga tiket dijalur Karimun Jawa-Surabaya sebesar Rp 296.700, Surabaya-Sumenep Rp 322.700, Sumenep-Surabaya, Rp 252.700, Surabaya-Bawean Rp 317.200, Bawean-Surabaya Rp 242.200, dan Surabaya-Karimun Jawa Rp 366.700.

Bandara Trunojoyo Sumenep menjadi bandara pangkalan bagi pesawat milik PT Airfast Indonesia yang melayani penerbangan perintis di Jawa Timur pada tahun ini. Bandara Trunojoyo Sumenep memiliki panjang landasan pacu 1.600 meter dan lebar 30 meter. Selain itu, sejumlah fasilitas pendukung lainnya juga telah disiapkan seperti tempat parkir pesawat. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.