Tips Memilih Baju Koko Lebaran untuk Anak

Avatar of PortalMadura.com
Tips Memilih Baju Koko Lebaran untuk Anak
Ilustrasi (by portalmadura.com)

PortalMadura.Com – Berlebaran adalah saatnya berkumpul dengan sanak saudara. Dari tua hingga muda, semuanya berkumpul bersama. Di saat berkumpul seperti ini, anak-anak biasanya lebih aktif karena merasa ada teman baru untuk bermain.

Jika sudah seperti ini, pakaian yang dikenakan anak akan mudah kotor dan bau keringat. Padahal baju yang dipakaikan adalah baju terbaik. Apalagi jika yang bermain adalah anak laki-laki. Sering kali mereka bermain lebih aktif dibandingkan dengan anak-anakperempuan.

Untuk mengatasi hal ini, sebagai baju andalan ketika berlebaran, orang tua harus pintar-pintar memilih baju koko yang akan dipakaikan kepada anak. Bukan hanya untuk bergaya saja, hal-hal semacam kenyamanan anak pun perludi pertimbangkan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisadilakukan ketika memilih pakaian anak.

Bahan Pakaian

Ada beberapa jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat baju ini. Di antaranya adalah polyester, rayon dan katun. Polyester merupakan kain yang terbuat dari serat buatan semacam plastik. Harganya relative murah akan tetapi bahan ini terasa panas saat digunakan dan tidak menyerap keringat. Bahan satu ini jelas tidak cocok untuk anak.

Sementara untuk bahan rayon, meskipun sama-sama bahan serat seperti polyester, bahan baju koko ini berasal dari seratal ami. Baju yang berasal dari rayon terasa adem di kulit dan tidak mudah kusut. Urusan harganya memang lebih mahal dari polyester tapi jika demi kenyamanan anak itu tidak seberapa.

Jenis bahant erakhir dan yang paling sering digunakan adalah katun. Bahan ini sering dipilih sebagai bahan pembuatan baju karena daya serap keringatnya yang tinggi. Selainitu, ada banyak variasi jenis katun yang bias disesuaikan dengan keuangan. Dimulai dari katun biasa dengan harga relative murah hingga kain katun yang memiliki motif  dengan harga yang lebih tinggi.

Untuk anak, bahan rayon dan katun merupakan bahan baju koko yang paling cocok. Kedua bahan tersebut memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik. Bahannya adem. Sangat cocok bagi anak-anak yang memiliki energy berlebih untuk aktivitas di hari raya.

Model Pakaian

Ketika memilih model pakaian koko untuk anak, pilihlah model yang sederhana dan cocok untuk setiap suasana. Hindari memilih model yang memiliki banyak bordelan karena itu tidak sesuai dengan karakter anak. Jika akan dipakai untuk acara keluarga, pilihlah pakaian dengan lengan pendek.

Baju koko dengan lengan pendek akan lebih memudahkan anak bergerak. Selain itu, dengan lengan pendek pun bagian tangan tidak akan mudah merasa kepanasan. Pastikan juga jaitan pakaian tersebut rapi dan sesuai ukuran. Karena baju dengan ukuran danj ahitan yang tidakpas hanya akan membuat anak menjadi tidak nyaman.

WarnaPakaian

Pakaian khas hari raya bagi pria ini kini memiliki berbagai warna yang bias dipilih sesuai kebutuhan. Jika biasanya yang dikenakan ketika salat adalah warna putih, untuk berkegiatan lain bias memilih warna lain yang sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan.

Untuk anak-anak, ada baiknya warna baju koko yang dikenakan tidak terlalu terang juga tidak terlalu gelap. Hindari memilih warna putih karena noda yang ditinggalkan anak-anak saat bermain akan sangat terlihat. Hindari juga warna yang terlalu gelap seperti hitam karena bahan berwarna gelap seperti itu mudah menyerap panas.

Ketika anak merasa nyaman dengan apa yang dikenakannya suasana silaturahmi pun akan lebih nyaman dan menggembirakan. Anak tidak akan mudah rewel dan bias bermain dengan tenang.

Tapi tetap persiapkan baju koko cadangan. Senyaman-nyaman baju yang dikenakan anak, jika telah terkena keringat yang banyak bias menyebabkan gatal-gatal. Selain itu, keringat yang terserap pakaian bias menimbulkan bau yang tidak nyaman.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.