Tips Memilih Pasta Gigi yang Cocok Untuk Anak 1 Tahun

Avatar of PortalMadura.com
Tips Memilih Pasta Gigi yang Cocok Untuk Anak 1 Tahun

PortalMadura.com- Ketika si kecil mulai menginjak usia 1 tahun, tentu saja giginya akan semakin lengkap. Sehingga makanan yang dikonsumsinya pun akan semakin beragam.

Maka dari itu, para orang tua harus mulai mengajarinya sikat gigi dengan menggunakan pasta gigi. Namun, bunda harus mencari pasta gigi untuk anak yang belum bisa berkumur.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena anak di usia 1 tahun belum terlalu paham mengenai cara berkumur. Alhasil, pasta gigi yang digunakannya kerap tertelan secara tidak sengaja.

Lalu, bagaimana cara memilih pasta gigi yang cocok untuk anak usia 1 tahun? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Cek Kandungan Fluoride Pada Pasta Giginya

Apa yang dimaksud dengan fluoride? Perlu bunda ketahui, fluoride merupakan sebuah mineral yang berfungsi untuk mencegah gigi berlubang serta membunuh bakteri penyebab timbulnya plak.

Dengan kata lain, fluoride hanya boleh digunakan pada bagian mulut, gigi, dan gusi saja. Apabila fluoride tertelan dalam jumlah yang banyak, maka hal tersebut dapat menimbulkan masalah gigi menjadi rapuh.

Oleh karena itu, penting bagi bunda untuk mengecek kandungan fluoride pada produk pasta giginya. Dalam hal ini, pastikan bahwa kandungan fluoride tersebut berada di bawah 1000 ppm.

Biar lebih aman lagi, sebaiknya bunda pilh produk pasta gigi anak yang sama sekali tidak ada kandungan fluoride-nya.

2. Jangan Pilih Pasta Gigi yang Mengandung Zat Pemutih dan Detergen

Ada beragam zat pemutih pada produk pasta gigi, seperti silika, hydrogen peroxide, dan calcium carbonate yang bersifat abrasif.

Kabarnya, zat pemutih tersebut akan membuat enamel gigi pada anak menjadi terkikis sehingga dapat menimbulkan masalah gigi.

Sedari itu, hindari produk pasta gigi yang memiliki kandungan zat pemutih untuk anak usia 1 tahun. Selain zat pemutih, bunda juga jangan memilih pasta gigi anak yang memiliki kandungan detergen.

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa kandungan detergen seperti SLS (Sodium Lauryl Sulfate) dapat menimbulkan efek samping berupa alergi terhadap anak.

3. Pilih Pasta Gigi yang Menyediakan Varian Rasa Buah

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa rasa dari produk pasta gigi sangat mempengaruhi anak dalam menggunakannya.

Itu sebabnya, mengapa kebanyakan produk pasta gigi untuk anak kerap hadir kedalam beberapa varian rasa, mulai dari strowberi, jeruk, pisang, hingga mix fruit.

Agar si kecil lebih rajin dalam menyikat gigi, sebaiknya bunda memilih pasta gigi dengan rasa yang menjadi kesukaannya.

4. Pilih Produk Pasta Gigi Dengan Merk Ternama

Tips berikutnya yang bisa bunda lakukan dalam memilih produk pasta gigi untuk anak 1 tahun, yakni pilihlah merk ternama.

Dari sekian banyaknya merk pasta gigi anak yang terkenal dipasaran, Purekids Toothpaste menjadi salah satu yang paling recommended.

Mengapa harus Purekids Toothpaste? Pasalnya, produk pasta gigi ini sama sekali tidak memiliki kandungan detergen seperti SLS.

Hal itu pun diperkuat dengan adanya tulisan “Food Grade” yang tertera pada kemasannya, sehingga Purekids Toothpaste sudah dijamin aman digunakan oleh anak meski pasta giginya tertelan.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Purekids Toothpaste ini sama sekali tidak memiliki kandungan fluoride lho.

Maka dari itu, bunda tidak perlu ragu membeli Purekids Toothpaste untuk menjaga kebersihan gigi dan mupaslut si kecil.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.