oleh

Tips Tidak Gampang Jatuh Sakit Bagi Pekerja Kantoran

PortalMadura.Com – Pekerja kantoran, duduk di depan komputer sepanjang hari memang sudah menjadi rutinaitas yang tak bisa ditinggalkan. Namun, Anda perlu tahu, hal tersebut bukanlah kebiasaan yang sehat. Bila terus dibiarkan, dampaknya dapat membuat tubuh jadi gampang lelah bahkan rentan terkena penyakit. Karena itu, pola hidup sehat sangat penting sekali agar kesehatan tubuh terjaga dan tidak gampang sakit.

Berikut tips bagi Anda yang pekerja kantoran yang bisa diterapkan agar tidak mudah jatuh sakit.

Optimalkan Waktu Makan Siang untuk Istirahat

Manfaatkan waktu makan siang seoptimal mungkin. Ketika waktu makan siang tiba, selain untuk makan siang sempatkan waktu tersebut untuk mencari angin segar atau keluar sejenak dari kantor agar pikiran kembali jernih. Lebih baik lagi bila waktu tersebut Anda gunakan untuk memperbanyak jalan kaki atau melakukan fisik agar otot-otot tubuh tidak kaku.

Gunakan Tangga

Bila kantor Anda bertingkat, manfaatkanlah tangga di gedung kantor Anda. Perbanyak jalan kaki dan buat tubuh berkeringat. Setidaknya imbangi rutinitas banyak duduk dengan memperbanyak jalan kaki dan gerak aktif.

Selalu Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Loading...

Sediakanlah gelas atau botol minum di meja Anda. Tujuannya agar Anda selalu ingat untuk minum air putih cukup setiap harinya. Imbangi kesibukan Anda dengan banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Setidaknya minum 8-10 gelas air putih setiap harinya dan batasi minum minuman yang berpemanis. Untuk camilan, hindari terlalu banyak mengandung garam atau bahan pengawet.

Jangan Bawa Kerjaan Kantor ke Rumah

Tak jarang kita sering dikejar oleh deadline sehingga membuat kita terpaksa membawa pekerjaan kantor ke rumah. Tetapi, demi menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, seimbangkan kesibukan Anda dengan istirahat yang cukup. Bila sudah di rumah, manfaatkanlah waktu untuk istirahat agar saat sudah kembali ke kantor, bisa lebih fokus dan produktif memaksimalkan waktu untuk bekerja.

Manfaatkan Waktu Cuti untuk Mengatasi Stres

Pakai jatah cuti dan manfaatkanlah. Gunakan waktu cuti untuk liburan atau melakukan sesuatu yang bisa membuat pikiran lebih fresh. Karena biasanya berbagai penyakit muncul dan disebabkan karena stres. Saat hati sudah bahagia dan pikiran jernih, kerja bisa lebih semangat dan kesehatan tubuh pun terjaga.

Itulah tips sederhana yang bisa Anda terapkan sehar-harinya agar kesehatan tubuh tetap terjaga meski sibuk kerja kantoran.(vemale.com/Nanik)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar