oleh

Titipkan Kualitas Karakter, Kemenag Gelar Upacara HUT ke 74 RI di MAN Sampang

PortalMadura.Com, Sampang – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar upacara bendera pada peringatan Hari Ulang Tahun ke 74 Republik Indonesia (HUT RI), Sabtu (17/8/2019).

Penyelenggaraan upacara tersebut atas penunjukan langsung oleh pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang, sebagai pelaksana.

Kepala Kemenag Sampang, H. Pardi menyampaikan, peringatan HUT RI merupakan momentum bagi rakyat untuk melakukan refleksi atas tercapainya segala upaya dalam mengisi hari kemerdekaan.

“Momentum peringatan ini memotivasi kita untuk terus meningkatkan kompetensi dan daya saing bangsa agar terwujud manusia Indonesia unggul serta kompetitif,” ungkapnya.

Dalam amanatnya menyebutkan, keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat ditentukan oleh kualitas karakter dan mentalitas manusia. Karena itu, masyarakat harus perkuat komitmen dan aksi nyata untuk merevolusi mental, mengungkap pola pikir dan perilaku pada arah positif.

“Hanya dengan komitmen yang kuat dan tindakan komplet dapat melakukan perubahan fundamental terhadap kualitas SDM,” tandasnya.

Tema peringatan HUT ke 74 RI tahun 2019, “SDM Unggul Indonesia Maju” dinilai memiliki esensi bahwa pembangunan untuk mengisi kemerdekaan bukan terfokus pada pembangunan fisik berupa infrastruktur. Namun, juga menyentuh kepada kebutuhan manusia.

Mengisi momentum HUT RI, instansinya memutuskan untuk meningkatkan kompetensi dan sinergitas dalam pengelolaan pemerintahan serta mengoptimalkan kualitas pelayanan publik dari segala sektor.

“Terutama sektor mendasar yang bersentuhan langsung dengan penguatan kapasitas SDM. Seperti kesehatan, pendidikan dan agama,” imbuhnya.

Harapan kepada pemerintah pada HUT ke 74 RI agar semakin menumbuhkan rasa kebangsaan masyarakat sebagai sebuah bangsa, memotivasi untuk mewujudkan arti hakiki kemerdekaan Indonesia.

Loading...

“Yaitu bebas dari ketidakadilan, kebodohan, dan keterbelakangan bagi seluruh rakyat,” tegasnya.

Kepala MAN Sampang, Fathor Rahman, M.Pd, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari Kemenag yang telah menunjuk dan memberikan kepercayaan penuh hingga lembaganya menjadi tuan rumah atau panitia penyelenggara upacara peringatan HUT ke 74 RI tahun 2019.

Pihaknya mengaku jika dalam peringatan HUT RI, menjadi salah satu bentuk mengenang para pejuang yang telah sukses menyelamatkan, merebut kemerdekaan bangsa dan negara.

“Mari kita menyikapi hari kemerdekaan dengan jalan mengisi aktivitas hal-hal positif,” katanya.

Siswa MAN diberikan motivasi hingga dapat memetik pelajaran nyata dan persaingan di tengah kehidupan yang mengalami perubahan.

Nilai perjuangan para pahlawan kemerdekaan selalu diperkenalkan kepada siswa MAN supaya terpatri dan terus terkenang dalam jiwanya.

“Para siswa, kami bina dan harus tahu jika akan tampil pada dunia pemerintahan. Harus tahu bagaimana sejarah bangsa Indonesia merdeka dari negara penjajah,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :


Penulis : Rafi
Editor : Desy Wulandari

Komentar