Total Pengawas TPS di Sumenep Sebanyak 2.400 Orang

Avatar of PortalMadura.Com
pilkada sumenep
dok. Pilkada Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menuntaskan pembentukan pengawas tempat pemungutan suara (TPS). Total pengawas pilkada di TPS sebanyak 2.400 orang.

“Setiap TPS ada satu orang pengawas, jadi total se Kabupaten Sumenep sebanyak 2.400 pengawas TPS,” ungkap Ketua Panwas kabupaten Sumenep, Moh Amin di Sumenep, Rabu (18/11/2015).

Di Kabupaten Sumenep terdapat 2.400 TPS, tersebar di 334 desa/kelurahan di 27 kecamatan, baik daratan maupun kepulauan.

“Mekanisme rekrutmen pengawas TPS itu atas usulan pengawas pilkada lapangan (PPL) di masing-masing desa dan selanjutnya calon pengawas TPS tersebut dilakukan tes wawancara oleh panwascam di masing-masing kecamatan,” paparnya.

Sesuai jadwal, pada 14-17 November 2015 merupakan proses seleksi calon pengawas TPS sekaligus pengukuhan pengawas TPS terpilih.

“Pengawas TPS diberi tugas untuk mengawasi proses pemungutan suara hingga penghitungan surat suara di tingkat TPS dan juga bertugas mengawasi tahapan pilkada yang terkait dengan TPS, seperti distribusi logistik pilkada ke TPS menjelang hari ‘H’ pilkada,” bebernya.

Pilkada Sumenep 2015 diikuti oleh dua pasangan calon, yakni A Busyro Karim-A Fauzi di nomor urut 1, diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PDI Perjuangan serta didukung Partai NasDem. Sedangkan pasangan calon Zainal Abidin-Dewi Khalifah, nomor urut 2, diusung oleh gabungan delapan parpol, yakni Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hanura, dan Partai Bulan Bintang. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.