Trik Jitu Tingkatkan Kualitas Tidur Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Trik Jitu Tingkatkan Kualitas Tidur Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Moms, Tahukah Anda bahwa yang membuat anak bahagian sebenarnya bukanlah berapa banyak manian yang ia punya atau liburan ke tempat yang ia sukai, melainkan adalah memiliki kualitas tidur yang berkualitas.

Hal tersebut seperti yang diungkap dalam hasil survei yang dilakukan University of Melbourne dan program TV Behind the News pada tahun 2017 dengan melibatkan 47.000 anak. Ternyata dari hasil survei diketahui kalau tidur merupakan faktor penting dalam hal menentukan kebahagiaan anak.

Perlu Anda ketahui, memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat anak merasa dua kali lebih bahagia dibanding dengan anak yang kekurangan waktu tidurnya. Tidur yang berkualitas juga akan membuat anak merasa nyaman, fit, aktif dan mudah menerima pelajaran.

Namun, sayangnya tidak semua anak dapat memiliki kualitas tidur yang baik. Bila hal tersebut juga terjadi pada anak Anda, tak usah khawatir, berikut ini adalah meningkatkan kualitas tidur pada anak.

Memberikan Rasa Aman Kepada Anak
Anak yang merasa aman cenderung memiliki ikatan yang kuat dengan orang tuanya. Temukan cara jitu untuk berinteraksi dengan anak. Habiskan waktu bersama dengan melakukan aktivitas menyenangkan. Rasa aman dan nyaman ini akan membuat si kecil merasa tenang dan dapat tidur dengan tenang.

Buat Jadwal Tidur
Atur waktu yang konsisten bagi anak untuk tidur. Rutinitas dapat membentuk kedisiplinan anak. Mereka akan tahu bagaimana rutinitas tidur mereka, mulai dari makan malam, menyikat gigi, membaca buku, hingga tidur. Rutinitas ini akan mengurangi rasa gelisah anak dan memberi rasa aman sehingga anak dapat tidur dengan baik.

Rutin Berolahraga
Tidak perlu olahraga berat. Cukup menggerakkan tubuh merupakan kunci untuk membuat anak mudah tertidur. Seluruh energi akan digunakan ketika bergerak. Setelah itu mereka akan tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Kurangi Penggunaan Gadget
Paparan sinar gadget tidak baik untuk kesehatan anak. Cahaya ini disebut dengan sinar biru (bluelight) yang mampu mencegah produksi melatonin. Produksi melatonin sangat diperlukan untuk tidur dalam waktu yang tepat. Untuk itu, jauhi anak dari paparan sinar gadget selama dua jam sebelum waktu tidurnya, agar anak lekas tidur.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan pada anak agar anak mendapat kualitas tidur yang baik. Semoga bermanfaat.(vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.