Trik Mudah Agar Anak Gemar Membaca Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.Com
Trik Mudah Agar Anak Gemar Membaca Sejak Dini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menumbuhkan kegemaran membaca pada tidak lah mudah. Apalagi saat ini banyak bermunculan gadget dengan berbagai permainan yang menarik. Buku bisa menjadi hal yang membosankan bagi anak sehingga mereka cenderung memilih gadget.

Mengingat dunia anak adalah dunia bermain maka untuk mengajarkan kebiasaan gemar membaca bisa Anda lakukan dengan metode bermain sambil belajar. Cara ini dinilai lebih efektif dalam menarik minat anak-anak. Cipatakan permainan yang menyenangkan dan selipkan kegiatan membaca didalamnya. Dengan begitu secara tidak langsung si kecil akan mulai terbiasa untuk membaca buku. Di bawah ini trik untuk menarik minat baca pada anak.

Membacakan Dongeng Sebelum Tidur

Salah satu cara untuk memperkenalkan kegiatan membaca pada anak bisa Anda mulai dengan membacakan dongeng sebelum tidur. Ketika Anda membacakan sebuah dongeng dengan intonasi yang penuh penghayatan akan membuat anak merasa ingin tahu. Dengan begitu secara perlahan akan membuat si kecil tertarik untuk membaca sendiri buku tersebut.

Menjadi Teladan Yang Baik

Anda sebagai orangtua hendaknya memberikan contoh yang baik pada anak untuk membaca buku. Luangkan waktu untuk membaca buku sambil bersantai setalah bekerja. Jika kegiatan ini secara rutin dilakukan depan anak maka akan menarik minat anak untuk mengikuti kebiasaan Anda dalam membaca buku.

Letakkan Buku Ditempat Yang Mudah Dijangkau Oleh Anak

Untuk mendukung minat anak dalam membaca buku maka sebaiknya taruh buku ditempat yang lebih mudah untuk dijangkau. Sediakan rak buku kecil dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi. Dengan begitu maka sewaktu waktu si kecil bisa mengambilnya.

Buku Sebagai Hadiah

Sesekali tidak ada salahnya jika Anda memberikan buku pada anak sebagai hadiah. Pilihlah buku yang menarik sesuai dengan usianya. Hal ini mungkin terlihat sepele namun merupakan langkah awal untuk menumbuhkan minat baca pada anak. (solusisehatku.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.