oleh

Trump Kritik OPEC Karena Tingginya Harga Minyak

PortalMadura.Com, New York – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengecam Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) karena tingginya harga minyak mentah.

“Kami melindungi Negara-negara Timur Tengah karena mereka tidak akan aman dalam jangka waktu yang lama tanpa kami, namun mereka justru terus-menerus menaikkan harga minyak! OPEC harus menurunkan harga sekarang!” cuit Trump lewat Twitter. dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (21/9/2018).

AS adalah sekutu jangka panjang Arab Saudi, eksportir minyak mentah terbesar dunia selain Negara-negara Teluk seperti Uni Emirat Arab dan Kuwait. Semuanya adalah anggota OPEC.

Tingginya harga minyak mentah di Pasar Global membuat harga bensin di AS tinggi.

Trump pun berusaha untuk menurunkan harga bahan bakar sebelum pemilihan kongres pada November.

Presiden AS telah berulang kali mengkritik OPEC. Dalam bukunya, Time to Get Tough: Making America #1 Again (2011), dia menuliskan: “Kita bisa menuntut OPEC karena melanggar undang-undang antikepercayaan.”

Kemudian dalam buku Trump: The Art of the Deal (1987), dia juga menyebutkan: “Hanya ada satu masalah: OPEC. Harga minyak melambung tinggi hingga menghancurkan maskapai penerbangan.”

Di sisi lain, harga minyak yang tinggi membantu keuangan dan investasi perusahaan-perusahaan minyak Amerika.

Setiap barel minyak yang dijual dengan harga lebih tinggi berarti memungkinkan lebih banyak pendapatan dan investasi untuk perusahaan dan kemampuan yang lebih besar untuk meningkatkan output.

Output dan pendapatan yang lebih tinggi menandakan ketergantungan AS pada minyak asing menurun, peningkatan kontribusi ekonomi dan tenaga kerja Amerika, dan lebih banyak pendapatan pajak untuk Pemerintah Federal. (AA)