Tuntaskan Tuna Aksara, Diknas Sumenep Libatkan 75 Lembaga

Avatar of PortalMadura.Com
Dra Hj. R. Raihani MM
Dra Hj. R. Raihani MM

PortalMadura.Com, – Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melibatkan 75 lembaga dalam kegiatan belajar masyarakat.

Kasi Kesetaraan dan Keaksaraan, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Dra Hj. R. Raihani MM menjelaskan, pada tahun 2010, di Sumenep mencapai 134 ribu, sehingga masuk peringkat nomor 2 kasus tuna aksara se-Indonesia.

“Untuk percepatan penuntasan tuna aksara, maka melibatkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebanyak 75 lembaga,” katanya pada PortalMadura.Com, Kamis (20/10/2016).

Lembaga yang dilibatkan tersebut, antara lain, PKK, organisasi keagamaan, seperti Nahdatul Ulama (NU), dan majlis keagamaan yang menyelenggarakan pendidikan.

“Hasilnya cukup baik. Pencapaian usaha penuntasan tuna aksara hingga tahun 2016 ini mencapai 68 persen dari jumlah tahun 2010 itu,” terangnya.

Usaha tersebut ternyata tidak sia-sia. Bupati Sumenep, A Busyro Karim menerima Anugerah Aksara dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI).(Baca:Bupati Sumenep Terima ‘Anugerah Aksara' dari Mendikbud RI).

Anugerah Aksara tersebut diterima langsung pada puncak peringatan Hari Aksara Internasional yang diperingati di depan kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis (20/10/2016).(Bahri/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.