oleh

Ubah Nama Channel YouTube Sekarang Lebih Mudah, Ini Caranya

PortalMadura.Com – Apakah Anda pengguna YouTube yang sering mengisi tautan di dalamnya?. Pernah berpikir ingin mengganti nama channel-nya tapi bingung karena takut akun Google-nya juga ikut berubah?.

Tenang saja, di sini akan diberikan solusi mudahnya. Jika sebelumnya pengguna bisa mengubah nama channel YouTube sekaligus mengubah informasi akun Google yang tertaut, termasuk nama akun Google hingga profile image. Sekarang tidak lagi, pengguna dapat mengubah nama channel tanpa memengaruhi nama akun Google-nya.

Jadi, dengan fitur baru ini, nama channel YouTube Anda dapat berbeda dengan nama akun Google yang disandingkan. Ini artinya, akan lebih privasi karena tidak menampilkan nama asli akun Google Anda. Lalu, bagaimana caranya?.

Dikutip dari Liputan6.com dari laman Lifehacker, ini langkah yang perlu dilakukan untuk mengubah nama channel YouTube. Langkah ini bisa dilakukan melalui versi desktop ataupun mobile di Android dan iOS:

Versi Desktop

Pada versi desktop, Anda perlu membuka YouTube studio melalui browser. Kemudian, klik ‘Customization’ yang ada di pilihan menu. Lalu, buka ‘Branding’ dan klik ‘Change’ yang ada di samping foto profil pengguna. Selanjutnya, buka ‘Basic Info’ dan klik pada ikon pensil di samping nama channel.

Setelah mengubahnya, Anda cukup klik ‘Publish’. Selesai, nama channel Anda akan berubah dengan sendirinya tanpa perlu khawatir nama akun google Anda.

Versi Mobile

Pada versi mobile di Android dan iOS, Anda perlu membuka aplikasi YouTube. Kemudian, klik pada gambar profil pengguna di sisi kanan atas untuk membuka informasi.

Lalu, klik ‘Your Channel’. Selanjutnya, klik ‘Edit Channel’. Akan muncul beberapa hal yang bisa Anda ubah. Masukan nama baru channel Anda pada kolom yang tersedia.

Pengguna juga bisa sekaligus menambahkan deskripsi mengenai channel tersebut. Selanjutnya, Anda bisa simpan perubahan yang telah dilakukan.

Aturan Perubahan

Sebagai informasi, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan dalam pengubahan nama channel YouTube tersebut. Apa saja?.

Pertama, mengubah nama channel yang telah diverifikasi akan menghapus status tersebut. Jadi, pengguna yang telah terverifikasi perlu melakukan permohonan verifikasi ulang setelah perubahan.

Kedua, artis musik akan tetap dilengkapi dengan ikon ‘not musik’ di samping nama channel meski telah berubah.

Ketiga, mengubah nama channel tidak akan merubah URL yang telah dikostumisasi.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.com

Komentar