oleh

UDEF Serukan Persaudaraan dalam Pertemuan Mahasiswa Internasional di Indonesia

PortalMadura.Com, Jakarta – Federasi Asosiasi Mahasiswa Internasional (UDEF) yang berbasis di Turki menggelar pertemuan Mahasiswa Internasional di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta pada Sabtu lalu.

Mengusung tema “Untuk Dunia yang Adil, dari Timur ke Barat,” Wakil Presiden UDEF Ebubakar Armagan mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk merajut tali persaudaraan dan perdamaian pada tingkat global.

“Kita menginginkan keadilan, persaudaraan, dan perdamaian ditegakkan di seluruh dunia,” kata Armagan. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (22/4/2019).

Armagan mengatakan sebanyak 150 ribu Mahasiswa Internasional dari 203 Negara kini menempuh pendidikan di Turki.

Hal tersebut, jelas Armagan, menunjukkan ratusan budaya dan Negara kini sedang berinteraksi di Turki.

Untuk itu, kata Armagan, UDEF menggelar pertemuan Mahasiswa Internasional untuk menyatukan seluruh dunia dengan saling menunjukkan budayanya masing-masing.

“Kita ingin dapat saling berbagi dalam hal ekonomi, perdagangan, budaya, sosial. Kita makan dan minum bersama,” kata Armagan.

Sejumlah Mahasiswa dari 11 Negara hadir dalam pertemuan Mahasiswa Internasional ke-12 UDEF ini.

Mereka antara lain berasal dari Indonesia, Malaysia, Mesir, Turki, Arab Saudi, Kanada, Somalia, Yaman, Gambia, Thailand, Timor Leste, dan Afghanistan.

UDEF menjelaskan kegiatan ini digelar serempak di 91 kota yang tersebar di 51 Negara, termasuk Indonesia.

Perwakilan Hayrat Indonesia, yang berbasis di Turki, Rahmat Abril Kholis menyatakan beragamnya Mahasiswa yang hadir menunjukkan besarnya animo Mahasiswa Internasional untuk saling berbagi.

Dia mengutip pernyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bahwa dunia lebih besar dari lima, merujuk kepada Negara-negara dari lima Negara pemegang hak veto di Dewan Keamanan PBB.

“Tapi sayangnya tidak ada perwakilan Negara Muslim di situ,” kata dia.

Dia juga mengapresiasi upaya UDEF dan menekankan pentingnya interaksi dan komunikasi antar budaya di kalangan Mahasiswa.

Direktur Biru Marmawa Edukasi, lembaga pendidikan ke Turki, Doddy Cleveland Hidayat Putra mengharapkan kegiatan seperti ini dapat kembali berlangsung pada Tahun-tahun berikutnya.

Pertemuan puncak Mahasiswa Internasional ini akan berlangsung pada 4 Mei mendatang di Istanbul yang dibuka oleh Presiden Erdogan.

Anadolu Agency menjadi mitra global dalam pemberitaan kegiatan UDEF ini.


Anadolu Agency
Sumber : Anadolu Agency

Komentar