UK-Indonesia Tech Hub dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Bekerjasama Demi Kemajuan Digital

Avatar of hartono
UK-Indonesia Tech Hub dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Bekerjasama Demi Kemajuan Digital
Dokumentasi Acara (Sumber: Gerakan Nasional 1000 Startup Digital)

PortalMadura.Com – Kolaborasi antara Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, melalui UK-Indonesia Tech Hub, dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KomInfo) serta Instellar, telah menginisiasi Digital Hub: Kolaborasi UK-Indonesia dalam Gerakan 1000 Startup Digital, yang dimulai pada 2 April 2024. Inisiatif ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan 60 startup digital dan memperkaya 1000 bakat digital di Indonesia.

Inisiatif bersama ini meliputi program utama: Program Inkubasi Hatch x PEDE (Powering Entrepreneurs for Digital Excellence) yang bertujuan mendukung startup digital di Indonesia menjadi lebih berkelanjutan, dan Program Pengembangan Talenta Digital yang fokus pada peningkatan kemampuan digital individu. Pelaksanaan program inkubasi akan berlangsung di Surabaya dan mulai April hingga Desember.

Acara peluncuran program ini dimeriahkan dengan panel diskusi bertajuk “From Seed to Scale: Thriving Green Tech Ecosystem with Digital Excellence for Impactful and Sustainable Growth” yang dipandu oleh Rachmalia Nikijuluw dan diikuti oleh para ahli seperti Adisti Chandra dari Instellar, Kristin Harahap dari AgriDesa, dan Darina Maulana dari Enviu Indonesia. Diskusi ini menggarisbawahi pentingnya kerja sama untuk melampaui kendala geografis dan sosial dalam menciptakan akses digital yang lebih inklusif.

Di Indonesia, walaupun ekosistem startup telah berkembang, banyak yang masih berjuang di fase awal dan menghadapi isu keberlanjutan serta skalabilitas. Program Inkubasi Hatch x PEDE diharapkan membantu mengatasi isu-isu tersebut dengan mengadakan sesi intensif kapasitas dan mentoring dari para mentor dan ahli industri selama tiga bulan untuk mengembangkan produk dan layanan yang inovatif. Serangkaian workshop akan diselenggarakan mencakup topik seperti strategi bisnis, pengembangan produk, penetrasi pasar, dan mentoring.

Program Pengembangan Talenta Digital diharapkan juga dapat membantu mengurangi kekurangan talenta digital dengan mengadakan pembelajaran yang berpusat pada tren teknologi terbaru dan pengembangan kemampuan digital di Surabaya dan Bali.

Matthew Downing, Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, mengungkapkan:

“Transformasi digital yang kita alami di berbagai aspek kehidupan membuat pentingnya sebuah digital hub di Indonesia yang mendukung inovasi dan pertumbuhan bisnis. Kami berinspirasi oleh pertumbuhan hub startup yang sukses di Inggris dan berharap inisiatif serupa bisa berkembang di Indonesia. Di tahun ini, yang menandai 75 tahun hubungan diplomatik antara Inggris dan Indonesia, kami sangat antusias untuk mendukung pembangunan ekosistem digital di Indonesia bersama KomInfo melalui UK-Indonesia Tech Hub dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.”

Nezar Patria, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, menambahkan:

“Proyeksi pasar teknologi ramah lingkungan yang mencapai 62 Miliar USD pada 2030 dan total investasi untuk transisi energi yang mencapai 1,78 Triliun USD pada 2023, menunjukkan pentingnya digitalisasi dalam dekarbonisasi global. Kami berharap inisiatif ini dapat memacu pertukaran teknologi dan pengetahuan antara bisnis global dan lokal Indonesia serta memicu inovasi dalam mengatasi krisis iklim sesuai dengan kondisi lokal.”

Romy Cahyadi, CEO Instellar, menyatakan:

“Kami bertujuan untuk mengembangkan ekosistem digital yang dinamis dan inklusif di Surabaya, Bali, dan sekitarnya melalui kolaborasi ini. Kerjasama antar berbagai pihak diharapkan dapat menjadi katalis utama untuk inovasi dan pertumbuhan di sektor digital Indonesia.”

Program Kolaboratif

Tentang UK-Indonesia Tech Hub, Kominfo, Instellar, dan Gerakan 1000 Startup Digital

UK-Indonesia Tech Hub, bagian dari International Tech Hub Network yang dipimpin oleh Foreign, Commonwealth and Development Office (FCDO), fokus pada promosi inklusi digital dan pertumbuhan inklusif. Kominfo dan Gerakan 1000 Startup Digital mendukung inovasi digital dan kewirausahaan melalui sumber daya, pendanaan, dan pelatihan. Instellar, sebagai B Corporation™ yang tersertifikasi, mendukung wirausahawan sosial untuk mencipta dampak positif melalui inovasi sosial.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.