Unija Gelar Pelantikan dan Sumpah Profesi Ners dan Bidan

Avatar of PortalMadura.com
Unija Gelar Pelantikan dan Sumpah Profesi Ners dan Bidan
Pengambilan sumpah profesi bidan (Foto. Nanik Dwi Jayanti/ @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar pelantikan dan sumpah profesi bagi 102 ners dan 29 bidan, Sabtu (21/9/2019).

Berlangsung di gedung Graha Wiraraja I yang dilakukan oleh Rektor Unija, Dr. Sjaifurrachman, S.H., C.N., M.H. dan bagi profesi perawat disumpah oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jatim, Prof. Dr. H. Nursalam, M.Nurs.

Sedangkan untuk profesi bidan dengan Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (PD IBI) Provinsi Jatim, Hj. Lestari, S.ST,S.H., M.Kes yang didampingi oleh Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Dr. Eko Mulyadi, S.Kep., Ns., M.Kep dan Rohaniawan, H. Muhammad Shadiq, M.Pdi.

Baca Juga:  Kolaborasi Media Lokal Hadapi Tahun Politik, AJI Dalangi Pelatihan Cek Fakta di Sumenep

Unija Gelar Pelantikan dan Sumpah Profesi Ners dan Bidan

Dekan FIK, Eko Mulyadi mengatakan, pelantikan dan sumpah profesi ini penting dilakukan dalam dunia bidan dan perawat karena berhubungan dengan manusia, sebab sangat rentan terhadap kasus hukum dan pelanggaran malapraktik. Sehingga, janji jabatan mereka dibutuhkan untuk melaksanakan kewajibannya sebagai profesi masing-masing.

“Ini merupakan sumpah profesi ners yang ke VII dan bidan yang ke IX. Secara administratif, sumpah ini sebagai syarat untuk mengurus izin praktik, baik bagi perawat maupun bidan yang akan bekerja di rumah sakit,” katanya.

Pihaknya berharap setelah prosesi ini mereka bermanfaat untuk masyarakat, profesi, dan dirinya sendiri. Kemudian, menjaga almamater dengan cara memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat.

“Untuk diri sendiri setelah disumpah dan dilantik bisa segera mendapat pekerjaan, bisa membantu masyarakat seperti membantu organisasi profesi, baik untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta secara kesehatan dan keseluruhan,” jelasnya.

Baca Juga:  Cegah Parpol Catut Nama, Bawaslu Sumenep Buka Posko Pengaduan

Di samping itu, Rektor Unija, Sjaifurrachman, mengucapkan selamat dan sukses bagi peserta terlantik dan disumpah. Ia percaya bahwa para perawat dan bidan bisa mengemban tanggung jawabnya di masyarakat dengan sangat baik.

“Kami percaya saudari-saudari akan melaksanakan tugas hak dan kewajiban sesuai dengan tanggung jawab yang telah diberikan,” katanya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada organisasi profesi yang telah dan akan menerima lulusan Unija untuk menjadi anggota profesi perawat dan bidan.

Sebelum pengucapan sumpah profesi, mereka telah menjalani yudisium pada Jumat (16/8/2019).

Turut hadir dalam kesempatan ini yakni Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, perwakilan RSUD Sumenep, Sampang, Pamekasan, RSI Garam Kalianget, DPD PPNI Sumenep, Pamekasan, Sampang, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Sumenep, dan UPT Puskesmas di lingkungan Kabupaten Sumenep.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.