oleh

Unija Taken MoU Perpustakaan dengan Perpusnas RI

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menjadi salah satu universitas di Indonesia yang menjalin kerja sama atau MoU (Memorandum of Understanding) dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

MoU dilakukan langsung oleh Rektor Unija, Dr. Sjaifurrachman, S.H., C.N., M.H. dengan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M.

Penandatanganan tersebut digelar di Universitas Muhammadiyah Malang pada hari Rabu (20/11/2019) dalam kesempatan seminar, workshop dan musyawarah daerah FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) Jawa Timur.

“Tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan hubungan kelembagaan dalam kegiatan pelayanan, pengembangan dan pembinaan perpustakaan seperti itu,” kata Rektor Unija, Dr. Sjaifurrachman, S.H., C.N., M.H., Jumat (22/11/2019).

Dikatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 101 perguruan tinggi di Indonesia yang tergabung dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur.

Loading...

Disebutkan, bentuk nota kesepahaman tersebut meliputi pengembangan sumber daya manusia, penerbitan perpustakaan, pengembangan dan aplikasi otomasi perpustakaan INLISLite.

Kemudian, mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang perpusdokinfo, perluasan jejaring perpustakaan melalui pengembangan pangkalan data serta repository digital yakni Indonesia One Search (IOS), iPusnas dan publikasi ilmiah.

Selain itu, menghimpun dan melestarikan Karya Cetak Karya Rekam (KCKR), melaksanakan promosi perpustakaan dan pengembangan budaya baca serta penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan.

“Jadi Unija bisa memanfaatkan jurnal karya ilmiah melalui perpustakaan nasional seperti melalui jurnal, e-book. Jadi tidak hanya koleksi-koleksi buku di Unija saja, tetapi juga bisa baca buku melalui perpustakaan nasional karena sudah terintegrasi,” jelasnya.

Pihaknya berharap dengan MoU ini ke depan Unija bisa menjadi perpustakaan yang terintegrasi.

Turut hadir pada momentum tersebut yakni Kepala Perpustakaan Universitas Wiraraja Sumenep yang juga merupakan salah satu pengurus dari FPPTI, Shiftiana Dwi Risdian, A.Md.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Putri Kuzaifah


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE