Unik, Selamatan Kuliner ‘Apen’ Warnai Peringatan Maulid Nabi di Desa Juruan Daya Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Unik, Selamatan Kuliner 'Apen' Warnai Peringatan Maulid Nabi di Desa Juruan Daya Sumenep
Penyajian selamatan Apen (Foto. Asnawi)

PortalMadura.Com, – Warga Desa Juruan Daya, Kecamatan , Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kompak menggelar selamatan dengan menyajikan kuliner ‘Apen' pada rangkaian peringatan Muhammad SAW, Jumat (23/12/2016).

‘Apen' merupakan salah satu kuliner khas Sumenep yang dibuat dari ulekan tepung beras dan sedikit garam yang dimasak dengan menggunakan wajan dari gerabah tanah liat. Disajikan dengan pemanis gula merah atau legen yang dimasak sebagai bahan gula siwalan.

“Ini rutin dilakukan setiap tahun dalam bulan Maulid Nabi,” kata salah seorang tokoh pemuda setempat, Ust. Asnawi, pada PortalMadura.Com.

Masyarakat kompak menggelar selamatan serupa, baik di masjid maupum di musalla (langgar ngaji). “Yang disajikan ya hanya Apen dan membaca Alqur'an serta berdoa bersama minta keselamatan pada Allah,” ujarnya.

Sumber lain menyebutkan, selamatan tersebut identik dengan fenomena alam yang terjadi pada bulan Maulid Nabi yakni gerhana bulan yang terjadi pada Rabu (14/12/2016) malam.

Gerhana bulan tersebut difahami sebagai tanda akan datangnya marabahaya yang perlu diwaspadai dalam kehidupan manusia. Dengan menggelar selamatan dan memperbanyak baca Alquran dan doa bersama adalah satu-satunya jalan yang bisa dilakukan oleh manusia pada sang pencipta-Nya.(Hartono)

Unik, Selamatan Kuliner 'Apen' Warnai Peringatan Maulid Nabi di Desa Juruan Daya Sumenep
Penyajian Selamaan Apen (Foto. Asnawi)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.