Inilah 5 Trik Mudah Ajarkan Anak Bantu Pekerjaan Rumah Tangga

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Trik Mudah Ajarkan Anak Bantu Pekerjaan Rumah Tangga
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajak anak untuk membantu pekerjaan rumah memang tidak mudah, apalagi anak masih kecil. Namun, dengan memberikan anak tugas sejak dini, hal tersebut dapat memberikan pelajaran bagi anak agar bertanggung jawab, mandiri dan memahami arti dari kerja keras.

Sayangnya, sebagian orangtua saat menyuruh anak agar membantu pekerjaannya dengan paksaan bahkan teriakan. Hanya saja kadang semakin dipaksa, anak akan semakin enggan untuk menuruti perintah.

Sebaiknya, Anda tidak perlu meminta anak untuk membantu Anda dengan cara tersebut. Karena, hal itu hanya bikin anak menjadi malas untuk bekerja.

Berikut lima trik mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak mau membantu pekerjaan di rumah dengan hati yang bahagia:

Beri Perintah atau Instruksi yang Spesifik
Seperti, “Bersihkan kamarmu!” perintah ini sepintas tidak ada yang salah. Tapi anak bisa bingung ketika menerimanya. Ada baiknya Anda lebih spesifik dalam memberi perintah atau instruksi.

Misalnya dengan mengucapkan, “Kumpulkan semua mainan yang berantakan, lalu taruh dalam kotak yang sudah ada di situ, ya. Setelah itu disapu lantainya sampai bersih”. Dengan begitu, anak tidak akan bingung ketika menerima perintah Anda.

Kombinasikan dengan Game Seru
Anak-anak selalu menyukai game atau permainan. Nah, coba kombinasikan game dengan kegiatan beres-beres.

Misalnya, jadikan kegiatan mengangkat jemuran sebagai kompetisi. Pasang alarm dan atur waktu, siapa yang paling cepat dan banyak mengumpulkan jemuran akan dapat hadiah. Game atau permainan bisa disesuaikan dan sebaiknya divariasi dari waktu ke waktu agar anak tidak bosan.

Buat Daftar Pekerjaan
Cara ini baru bisa dilakukan untuk anak-anak yang sudah bisa membaca. Buat daftar atau jadwal kegiatan kapan waktunya bersih-bersih dan apa saja yang perlu dilakukan.

Namun, tetap masukkan juga jadwal bermain, belajar, dan istirahat. Misalnya, setiap pukul 4 sore hari Selasa ada jadwal menyiram bunga di halaman rumah.

Untuk bisa memotivasi anak, tidak ada salahnya untuk menyediakan hadiah atau penghargaan khusus setiap kali ia berhasil menyelesaikan pekerjaannya.

Sebisa Mungkin Jangan Mengulangi Pekerjaan yang Baru Dibereskan Anak
Anda perlu ingat bahwa tujuan Anda adalah mendorong anak mau membantu. Kalau Anda mengulangi lagi pekerjaan yang baru dibereskan anak, secara tidak langsung Anda memberitahu anak kalau pekerjaan anak tidak beres. Sehingga anak nantinya jadi enggan atau malas membantu lagi.

Seperti, kalau anak selesai mengerjakan tugasnya menyiram bunga di halaman, sudah Anda tinggal lanjut melakukan yang lain. Tidak perlu menyiram kembali bunga yang sudah disiram oleh anak.

Beri Apresiasi
Tidak ada salahnya memberi apresiasi atau pujian untuk anak. Sebelum mengoreksi kesalahan atau memperbaiki kesalahannya, apresiasi usahanya. Arahkan ia untuk menjadi anak yang bertanggung jawab dan mandiri ke depannya. (vemale.com/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.