PortalMadura.com

Upacara Harjad Pamekasan, Wabup Gunakan Bahasa Madura

  • Jumat, 3 November 2017 | 13:59
Upacara Harjad Pamekasan, Wabup Gunakan Bahasa Madura

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar upacara Hari Jadi (Harjad) ke 487 di halaman kantor pemerintah daerah Jalan Kabupaten, Jumat (3/11/2017).

Dalam upacara tahunan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) bertindak sebagai inspektur upacara dengan pakaian khas bangsawan Madura tempo dulu, termasuk pula para pejabat yang hadir mengenakan pakaian khas Madura.

Selain itu, seluruh rentetan kegiatan upacara menggunakan bahasa Madura halus. Demikian juga penyampaikan pidato wabup kepada peserta upacara juga menggunakan bahasa Madura. Hal itu bertujuan untuk menjaga Bahasa Madura agar tidak punah.

Hari Jadi Sumenep

“Dalam momentum ini kami mengimbau agar para abdi negara senantiasa mengingat sekaligus meneladani perjuangan para pendiri Pamekasan di masa lalu. Semangatnya sangat perlu kita tiru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya di hadapan peserta upacara.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga menceritakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Pamekasan kepada para abdi negara. Mulai dari zaman Kerajaan Parupuh (Proppo) yang dipimpin Arya Menak Senoyo hingga Kerajaan Pamekasan yang dipimpin Pangeran Ronggosukowati.

“Dengan demikian, kita harus bisa melayani masyarakat lebih baik lagi sebagaimana yang dilakukan oleh para pendahulu kita. Selain itu, mari kita bersama-sama menjaga kekayaan dan potensi Madura yang diwariskan kepada kita dengan baik,” tandasnya. (Marzukiy/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional