Upacara Harjad Pamekasan, Wabup Gunakan Bahasa Madura

Avatar of PortalMadura.com
Upacara Harjad Pamekasan, Wabup Gunakan Bahasa Madura
Sambutan Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asy'ari dalam Acara Harjad Pamekasan, Jumat (3/11/2017)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar upacara Hari Jadi (Harjad) ke 487 di halaman kantor pemerintah daerah Jalan Kabupaten, Jumat (3/11/2017).

Dalam upacara tahunan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) bertindak sebagai inspektur upacara dengan pakaian khas bangsawan Madura tempo dulu, termasuk pula para pejabat yang hadir mengenakan pakaian khas Madura.

Selain itu, seluruh rentetan kegiatan upacara menggunakan bahasa Madura halus. Demikian juga penyampaikan pidato wabup kepada peserta upacara juga menggunakan bahasa Madura. Hal itu bertujuan untuk menjaga Bahasa Madura agar tidak punah.

“Dalam momentum ini kami mengimbau agar para abdi negara senantiasa mengingat sekaligus meneladani perjuangan para pendiri Pamekasan di masa lalu. Semangatnya sangat perlu kita tiru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya di hadapan peserta upacara.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga menceritakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Pamekasan kepada para abdi negara. Mulai dari zaman Kerajaan Parupuh (Proppo) yang dipimpin Arya Menak Senoyo hingga Kerajaan Pamekasan yang dipimpin Pangeran Ronggosukowati.

“Dengan demikian, kita harus bisa melayani masyarakat lebih baik lagi sebagaimana yang dilakukan oleh para pendahulu kita. Selain itu, mari kita bersama-sama menjaga kekayaan dan potensi Madura yang diwariskan kepada kita dengan baik,” tandasnya. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.