UPT PK Sumenep Cetak Ratusan Tenaga Kerja Berbasis Kompetensi

Avatar of PortalMadura.Com
UPT PK Sumenep Cetak Ratusan Tenaga Kerja Berbasis Kompetensi
UPT PK Sumenep

PortalMadura.Com, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Kerja (PK) Sumenep, Madura, Jawa Timur mampu mencetak 488 tenaga kerja berkompetensi dibidangnya, selama tahun 2017.

Kepala , Afandi mengemukakan, ada dua sumber dana dalam menjalankan program. Yakni, dari APBD dan APBN. “Dari APBD itu ada 22 paket dan APBN ada 21 paket. Total yang mempunyai kompetensi itu ada 488 orang,” terangnya, Selasa (5/12/2017).

Ia menjelaskan, sesuai dengan amanah gubernur Jatim, UPT PK itu hanya melatih sesuai dengan kebutuhan atau permintaan masyarakat sehingga tercetak tenaga berbasis kompetensi.

“Pasca pelatihan dan atau mereka yang akan mengembangkan tentu perlu kerjasama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada. Selama ini, kami bersyukur karena kerjasama itu berjalan dengan baik,” ujarnya.

Saat ini, sambungnya, kerjasama itu juga sudah terbangun dengan BNN. “Yang lain, Ya ada Disnaker, Koperasi, Disperindag dan Pemberdayaan. Intinya, semua OPD bekerjasama karena memang saling membutuhkan,” tandasnya.

Dikatakan, selama proses untuk mengembangkan, para tenaga yang mempunyai kompetensi itu tetap dalam pantauannya. “Kalau mereka membutuhkan bimbingan ya tetap kita kawal,” janjinya.

Adapun jenis pelatihan kejuruan yang selama ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat, antara lain, office tools, menjahit, bordir, las industri, processing, mobil bensin (R4), dan desain batik.

“Ini berlisensi nasional,” pungkasnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.