Video Detik-detik Fenomena ‘Palak Taon’ Terbentuk di Atas Langit Perairan Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Puting ....
Penampakan puting beliung di atas langit Sumenep (Foto. Istimewa)
    Bagikan:

Video

PortalMadura.Com, Sumenep – Penampakan fenomena alam berupa puting beliung atau yang disebut ‘palak taon‘ oleh warga setempat terbentuk di atas langit perairan laut Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sekitar pukul 12.30 WIB, Jumat (31/1/2020).

Puting beliung yang merupakan angin berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam dan bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian sekitar 5 menit tersebut sempat mengejutkan warga pesisir Kalianget, Sumenep.

Fenomena alam yang juga disebut awan kumulonimbus (awan vertikal) terlihat menjulang tinggi dan padat. Awan warna hitam tersebut hilang beberapa saat kemudian bersamaan dengan datangnya hujan.

Tak ada korban dalam peristiwa tersebut. Namun, warga pesisir Kalianget, Sumenep dan sekitarnya sempat panik. Mereka berharap tidak bergerak ke wilayah daratan.

Baca Juga:  Al Miftah Menang 4-0 atas Sumber Payung, Liga Santri KSAD 2022

“Daerah kami sering dilanda puting beliung. Hampir setiap tahun ada saja. Tadi, sudah kelihatan, tapi alhamdulillah tidak ke daratan,” kata Ady (30) warga Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, Sumenep, pada PortalMadura.Com.

Pada proses terbentuknya fenomena ‘Palak Taon’ tersebut, warga ramai-ramai mengabadikan, tidak terkecuali warga yang ada di Pelabuhan Kalianget, Sumenep.(*)


Baca Juga:  HANI, Bupati Sumenep Minta BNNK Gencar Sosialisasi Bahaya Narkoba
Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.