VIDEO- Pukau Penonton, Kolaborasi Seni Budaya Sumenep dan Prancis

Avatar of PortalMadura.Com
VIDEO- Pukau Penonton, Kolaborasi Seni Budaya Sumenep dan Prancis

CUPLIKAN VIDEO

https://youtu.be/bWrROFEVHUw

PortalMadura.Com, – Pertunjukan seni budaya yang dimiliki Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dan Prancis, Rabu malam (2/5/2018) di depan Labeng Mesem (pintu masuk keraton) mampu memukau penonton.

Kolaborasi seni budaya kedua belah pihak itu, berkat kerjasama Pemerintah Daerah Sumenep dengan (IFI) di Surabaya. IFI merupakan lembaga dibawa kendali Kedutaan Besar Prancis di Indonesia.

Dalam sajiannya, Sumenep sendiri menampilkan musik tradisional tontong dan pencak silat. Dari Prancis salah satunya .

Bupati Sumenep, A Busyro Karim menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. “Secara khusus, bagi Kabupaten Sumenep akan mendorong tumbuhnya gairah pelestarian dan pengembangan budaya bagi para seniman dan masyarakat,” kata Busyro dalam sambutannya.

Menurutnya, Sumenep yang sudah berusia 748 tahun, memiliki keanekaragaman budaya yang membutuhkan sentuhan-sentuhan, baik sentuhan inovasi maupun sentuhan dalam pelestarian.

“Tari topeng dan tongtong yang dipertunjukkan malam ini adalah secuil dari ragam kesenian Sumenep yang telah melanglang buana ke berbagai budaya di dunia,” ujarnya.

Dikatakan, seni budaya yang dimiliki Sumenep bukan saja dari sisi keunikannya, tetapi juga nilai dan falsafah yang terkandung didalamnya sangat tinggi.

Baca Juga‘Kepincut' Seni Budaya Sumenep, Institut Francais Indonesia Ajak Tampil Bareng

Disisi lain, politisi PKB ini juga menyebutkan pentingnya meningkatkan kerjasa sama kebudayaan antara Indonesia dan Prancis. Sebab Indonesia dan Prancis memiliki keunggulan budaya yang patut dipromosikan dan dipublikasikan ke berbagai negara.

“Di era saat ini, kebudayaan juga bukan hanya sebagai identitas, akan tetapi menjadi media efektif guna memperkenalkan aspek-aspek bangsa secara keseluruhan,” tandasnya.

Ini video lain french wingz saat tampil di salah satu stasiun TV dalam acara “France's Got Talent 2014 audition

.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.