Virtual Workshop, Dosen Unija: Bukan Bersaing dengan Teknologi tapi Berteman

Avatar of PortalMadura.com
Virtual Workshop, Dosen Unija: Bukan Bersaing dengan Teknologi tapi Berteman
Virtual Workshop (tangkapan layar)

PortalMadura.Com, – Generasi Alpha yang sangat dekat dengan teknologi, sudah terbiasa untuk mendapatkan informasi secara instan dengan bantuan pencarian melalui internet.

Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik generasi alpha. “Bersaing dengan teknologi bukanlah cara yang baik untuk mendidik generasi alpha, justru akan lebih baik jika berteman dengan teknologi,” kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat , Tita Tanjung Sari, M.Pd.

Hal ini disampaikan pada kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen Unija, Sabtu, 28 Agustus 2021 yang bekerjasama dengan Hima Eeco program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Wiraraja. Kegiatan dilakukan bersama dosen Ach. Puniman, M.Pd.I (anggota).

Pengabdian pada masyarakat yang bertajuk “Optimalisasi asesmen dan gerakan literasi sekolah dasar di abad 21” tersebut diikuti 127 peserta yang berasal dari berbagai daerah.

Tujuan kegiatan ini, kata dia, untuk memberikan wawasan betapa pentingnya pembelajaran literasi pada sekolah dasar dan bagaimana strategi untuk mengoptimalisasikan rubrik evaluasi (asesmen) serta gerakan literasi pada abad 21.

Menurut dia, setiap generasi memiliki tantangan tersendiri yang harus di tangani dengan strategi yang tepat agar mereka dapat berkembang sesuai dengan zamannya.

“Memang tidak mudah. Untuk itu, dibutuhkan edukasi untuk dapat menentukan strategi yang tepat dalam proses belajar mengajar generasi Alpha dan cara menyusun evaluasi yang tepat pula,” ujarnya.

Strategi pembelajaran yang berbasis literasi sangat penting dibiasakan sejak dini, agar siswa terbiasa membaca, memahami, dan menyaring Informasi.

“Workshop ini dilakukan secara virtual, sehingga tidak menutup kemungkinan setiap guru, calon guru, dan orang tua siswa dapat belajar bersama dalam kegiatan ini,” katanya.

Ia mengemukakan, penyusunan strategi pembelajaran generasi alpha tidak terlepas pada pembelajaran literasi pada tingkat sekolah dasar.

“Pembelajaran literasi sangat penting bagi siswa karena akan menjadi keterampilan pondasi awal bagi siswa untuk belajar di tingkat selanjutnya,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.