Virus Zika Intai Siapapun, RSU Sumenep Sediakan Kamar Isolasi

Avatar of PortalMadura.Com
Virus Zika Intai Siapapun, RSU Sumenep Sediakan Kamar Isolasi
RS Moh Anwar

PortalMadura.Com, – Virus zika mengintai siapapun, termasuk warga Sumenep, Madura, Jawa Timur. Untuk mengantisipasi virus menular tersebut, RS Moh Anwar menyediakan sedikitnya lima bagi korban virus zika.

“Virus zika itu bisa mengancam siapapun, untuk itu kami di rumah sakit menyiapkan kamar isolasi, karena korban virus menular itu harus dipisahkan dari pasien yang lain,” ungkap Direktur RS Moh Anwar Sumenep, dr Fitril Akbar, Kamis (8/9/2016).

Menurutnya, hingga kini, di Sumenep tidak ditemukan pasien penderita virus zika yang dirawat di RS Moh Anwar. Namun, pihaknya tetap waspada karena zika itu menular utamanya bagi ibu hamil.

“Meski belum ditemukan korban, kami tetap mengantisipasinya. Karena virus zika ini bisa menyerang ibu-ibu hamil,” ucapnya.

Ia menegaskan, jika virus zika menyerang ibu hamil, mengakibatkan tulang tengkorak bayi bisa mengecil. “Makanya jangan sampai terjadi penyebaran virus zika di Sumenep,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr Fatoni juga menyiapkan ruang isolasi bagi penderita penyakit zika dibeberapa Puskesmas yang ada di daratan dan kepulauan. “Kami juga telah melakukan pelatihan cara menangani zika, termasuk juga telah disiapkan obat-obatnya,” tutur dr Fatoni.

Fatoni menyatakan, zika ini merupakan penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk aedes aegypti. Adapun gejalanya, kondisi korban, panas, lemes, mual-mual dan pusing. “Kalau ada gejala-gejala seperti itu, harus diwaspadai,” tukasnya. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.