Volvo Iron Knight, Truk Tercepat di Dunia

Avatar of PortalMadura.Com
Volvo Iron Knight, Truk Tercepat di Dunia
ilustrasi

PortalMadura.Com – Produsen automotif membuktikan kemampuannya dalam membuat berkecepatan tinggi dengan menghadirkan tractor head bernama ‘'.

Dikutip PortalMadura.Com, Rabu (31/8/2016) pada laman detik.com, truk Volvo Iron Knight baru saja memecahkan rekor kecepatan truk. Truk itu memecahkan rekor berlari sepanjang 1.000 meter dari posisi start. Pemecahan rekor ini melibatkan juara balap truk Eropa 1994, Boije Ovebrink.

Volvo Iron Knight merupakan truk 4,5 ton dengan mesin D13 empat turbo yang mampu menyemburkan tenaga hingga 2.400 daya kuda dengan torsi 6.000 Nm.

Rekor ini mencatat, jarak 1.000 meter bisa ditempuh dalam 21,29 detik dengan kecepatan rata-rata 169 km/jam. Selama upaya pemecahan rekor, truk ini sempat menyetuh kecepatan hingga 276 km/jam.

Selain itu, truk ini juga bisa melibas jarak 0-500 meter dalam 13,71 detik dengan kecepatan rata-rata 131,29 km/jam.

Menariknya, hal ini melampaui rekor Ovebrink sendiri. Sebelumnya dia pernah menempuh kecepatan rata-rata 152,2 km/jam pada jarak 1.000 meter dan 115,3 km/jam dalam jarak 500 meter dengan menggunakan truk Volvo lain bermesin hybrid, Volvo Mean Green.

“Fakta bahwa rekor dunia ini menggunakan girboks yang sama dengan yang digunakan truk seri FH adalah sesuatu yang membuat kami benar-benar bangga,” kata Presiden dan CEO Volvo Truck, Claes Nilsson.

Volvo Iron Knight memang tidak seperti truk pada umumnya. Sistem elektronik truk tetap dipertahankan untuk penghematan bobot. Sementara software telah diprogram ulang untuk membuat kinerja truk lebih tinggi daripada truk untuk jalanan umum. Kabin juga terbuat dari fiberglass dan sistem aerodinamika telah dioptimalkan. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.