Wabup Sumenep Apresiasi Deklarasi ODF Desa Tambaagung Tengah Menuju Indonesia Sehat

Avatar of PortalMadura.Com
Wabup Sumenep Apresiasi Deklarasi ODF Desa Tambaagung Tengah Menuju Indonesia Sehat
Deklarasi ODF (Foto Hairil Fajar)

PortalMadura.Com, – Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) Desa Tambaagung Tengah, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendapat apresiasi dari Wakil Bupati setempat, .

“Ini gagasan luar biasa dan perlu terus dipacu untuk desa-desa lain, sehingga menjadi desa bersih menuju Indonesia sehat,” kata Achmad Fauzi pada PortalMadura.Com, Kamis (29/12/2016).

Hidup sehat yang salah satunya dengan cara tidak buang air besar sembarangan merupakan prilaku masyarakat yang agamis. Sebab, dalam ajaran agama sudah dijelaskan, bahwa hidup bersih bagian dari iman.

“Kami pribadi dan atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang ikut andil serta bersusah payah menggungah masyarakat untuk selalu hidup bersih,” ujarnya.

Sementara, penanggung jawab kegiatan ODF, Ah. Rosihan Anwar menjelaskan, upaya agar masyarakat berprilaku hidup sehat dilakukan sejak tahun 2014.

“Hasil survie tim waktu itu, dari sekitar 1.140 Kepala Keluarga (KK), ada 192 KK yang belum mempunyai jamban atau WC di Desa Tambaagung Tengah. Namun, secara lambat laun, kami bersama tim melakukan sosialisasi, hingga akhirnya tahun 2015 terbebas dari buang air besar sembarangan (BABS),” urainya.

Pria dari unsur Puskesmas Ambunten ini sudah memprogramkan hal serupa di tahun berikutnya untuk 14 desa lain di Kecamatan Ambunten. “Kedepan, di 14 desa lain akan diterapkan program serupa,” pungkasnya. (Putri/Har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.