oleh

Wabup Sumenep Pacu Peningkatan LPPD Tahun 2019

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus berbenah dalam peningkatan kualitas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) di tahun 2019.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyebutkan, dengan peningkatan kualitas LPPD maka akan berdampak pada peningkatan transparansi dan akuntabilitas kinerja sebuah pemerintahan.

“Agar lebih berkualitas, kami sudah melakukannya sejak tahun 2018 dengan menerapkan teknik pengumpulan data secara manual dan menggunakan aplikasi e-LPPD,” terangnya, Selasa (16/7/2019).

Dengan aplikasi e-LPPD maka angka pencapaian sudah lengkap dengan data-data pendukungnya dan tidak ada data yang hilang. “Ini sudah menjadi komitmen kami dalam peningkatan LPPD di tahun ini,” tegasnya.

Loading...

Menurutnya, LPPD bukan sekadar ingin mendapatkan peringkat, namun demi peningkatan kualitas kinerja pemerintah daerah, termasuk di semua lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Maka diperlukan, tim penyusun LPPD harus tepat waktu, sehingga ketika ada permintaan data dapat terpenuhi sesuai dengan target waktu dan ketentuan yang ada.

“Kalau sampai ada teguran karena keterlambatan merespon permintaan data, otomatis akan mencerminkan kualitas penyelenggaraan sebuah pemerintahan,” ujarnya.

Penyelenggaraan LPPD tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2007.

Pada tahun 2017, LPPD Kabupaten Sumenep berada di peringkat 17 se-Jawa Timur dan peringkat 48 secara nasional. “Tahun ini harus lebih baik lagi,” tandasnya.

Meski bukan tujuan untuk mendapatkan peringkat, pihaknya tetap mengharapkan kualitas kinerja pemerintahan Sumenep melalui LPPD Kabupaten Sumenep dapat meraih 10 besar tingkat nasional pada tahun 2019.(*)


Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Hartono


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar