Waduh! Sulitnya Mencari Rujak Ro’ Ero’ di Sampang

Avatar of PortalMadura.Com
Rujak Ro' Ero'
Rujak Ro' Ero'

PortalMadura.Com, Sampang – Warga Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur tidak asing dengan rujak Ro’ Ero’ (Rok Erok). Rujak yang satu ini, memang banyak disuka muda-mudi, karena tidak seperti rujak pada umumnya.

Bila rujak identik menggunakan kacang. Namun, rujak Ro’ Ero’ ini justru hanya menggunakan petis pilihan tanpa kacang, diseduh dengan gula pasir, garam dan tentu air secukupnya.

Bahan utamanya, adalah timun, sayur, tempe, tahu, dan buah-buahan lainnya serta cingur (irisan bagian dari mulut atau moncong sapi).

Penyajian pun unik, yakni menggunakan daun pisang, sehingga aroma rujak Ro’ Ero’ benar-benar alami dan bikin ketagihan. Yang suka pedas, tinggal pesan berapa cabe yang akan diulek dengan petis.

Sayangnya, rujak Ro’ Ero’ ini tidak tersedia disudut-sudut kota, tinggal satu penjual yang bertempat di Jalan Mutiara Kota Sampang. Para penggemar rujak Ro’ Ero’ harus bersabar untuk menikmati rujak ini.

Di Kabupaten Sampang, Rujak Ro’ Ero’ identik dengan dua orang penjual bernama “Sise dan Meda” yang berjualan di Jalan Mutiara. Dua orang penjual ini cukup terkenal bila bicara soal rujak Ro’ Ero’.

Namun, Meda sudah pinda berjualan ke rumahnya yang jauh dari jangkauan publik. Tinggal Sise yang masih aktif menyajikan rujak Ro’ Ero’ pada penggemarnya.

Harganya, cukup terjangkau yakni di patok Rp 2.500 (dua ribu lima ratus rupiah) sampai Rp 5.000 (Lima ribu rupiah). Bedanya, tergantung jenis buah yang akan digunakan dengan cingur.(det/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.