Wahai Orang Dewasa, Ternyata 5 Sikap Ini Bisa Dipelajari dari Seorang Anak Menurut Islam

Avatar of PortalMadura.com
Wahai Orang Dewasa, Ternyata 5 Sikap Ini Bisa Dipelajari dari Seorang Anak Menurut Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi orang tua yang belum berpengalaman dalam mengasuh anak, pasti pernah bertanya-tanya tentang bagaimana mendidik anak yang benar dan cara menyediakan kebutuhannya sehari-hari.

Sikap ini wajar terjadi, karena setiap orang tua memiliki beban atau tanggung jawab yang harus diemban untuk membawa anak-anaknya ke jalan yang baik dan bisa membanggakan orang tua.

Sebagaimana menurut Rasulullah “Masing-masing dari kalian adalah seorang pemimpin, dan setiap dari kalian masing-masing akan bertanggung jawab atas rakyatnya” (HR Bukhari dan Muslim).

Ajarkan anak dan keluargamu tata krama dan etiket yang baik” (Musannaf Abdul-Razzaq).

Hadis tersebut menunjukkan bahwa orang tua lah yang harus mengajarkan anak-anak. Namun lebih dari itu, Islam juga punya pandangan dari sisi lain tentang anak-anak, di mana mereka banyak mengajarkan hal kepada orang dewasa.

Apa saja itu?. Berikut ulasannya:

Ketekunan
Anak-anak tidak mudah menyerah. Mereka berorientasi pada tujuan. Hambatan diabaikan, dan mereka fokus pada tujuan mereka sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Terlalu sering, orang dewasa membiarkan tantangan yang mereka hadapi untuk mencegah mereka mencapai tujuan.

Sikap Positif terhadap Kesalahan
Sebelum memasuki sekolah dan diberitahu bahwa menjadi salah adalah hal yang buruk, anak-anak tidak memikirkan kesalahan mereka dan menggunakannya sebagai pengalaman belajar. Mari berharap agar Anda sebagai orang dewasa, dapat belajar melihat kesalahan sebagai kesempatan belajar dan berkembang daripada sebagai kegagalan. Kesuksesan Anda bukan ‘tidak pernah gagal’ tapi dalam bangkit setiap kali gagal.

Kemurnian Hati
Anak-anak tidak menyimpan dendam dan memaafkan dengan mudah. Mereka transparan tentang perasaan mereka. Orang dewasa harus belajar saling berhadapan dengan tingkat ketulusan yang sama.

Jika Anda ingin memperpanjang tindakan kebaikan terhadap anak kecil, dia akan dengan mudah melupakan kesalahan masa lalu. Banyak orang dewasa sulit melupakan kesalahan orang lain selama bertahun-tahun.

Kemampuan untuk Menyesuaikan diri
Anak menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perubahan dalam hidup mereka dan tangguh namun fleksibel, tidak seperti orang dewasa yang sering kaku dan resisten terhadap perubahan.

Tertawa dan Tersenyum
Rata-rata anak tertawa sekira 200 kali sehari, sementara rata-rata orang dewasa tertawa 14-17 kali sehari. Kebanyakan orang dewasa sangat pemarah dalam keseharian mereka.
(okezone.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.