PortalMadura.com

Wahai Orang Tua, Ini Teguran dari Allah Jika Anda Bersikap Kejam Pada Anak

  • Jumat, 11 Agustus 2017 | 17:00
Wahai Orang Tua, Ini Teguran dari Allah Jika Anda Bersikap Kejam Pada Anak
Loading...

PortalMadura.Com – Seorang anak yang durhaka pada orang tua merupakan dosa besar. Topik ini mungkin sudah tidak asing didengar dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi di zaman seperti sekarang ini, tidak sedikit dari mereka yang membangkang pada orang tuanya dengan alasannya masing-masing.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang tua tidak pernah berperilaku buruk pada anaknya. Sebagaimana fakta yang sering terjadi, banyak orang tua yang justru memukul, membuang, menelantarkan, bahkan membunuh anak kandungnya sendiri.

Memang pada dasarnya tidak ada orang tua yang sempurna, tapi apabila Anda sebagai orang tua tidak memberikan teladan dan menjaga amanah seorang anak dengan baik maka Anda akan menerima akibatnya nanti.

Sesuai firman Allah SWT dalam sebuah ayat Alquran: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul-Nya, dan juga janganlah kalian mengkhianati amanah-amanat yang dipercayakan kepadamu padahal kamu mengetahui. Dan Ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar” (Al Anfal ayat 27-28).

Baca Juga:  Resensi Buku - Merengkuh Logika dan Nurani

Berdasarkan ayat di atas, jelas bahwa anak-anak adalah amanat yang harus dijaga. Allah SWT melarang orang tua menzalimi anak-anaknya. Sebagaimana yang tertuang dalam surah An Nisa ayat 15-16 tentang hukuman kepada orang tua yang kejam kepada anak-anak mereka.

Dan terhadap dua orang yang melakukan perbuatan keji di antara kamu, maka berilah pada kedua (8). Jika kedua bertobat dan memperbaiki diri, maka biarkanlah mereka. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang” (An Nisa :16).

Selain anak-anak adalah anugerah dan penyejuk, mereka juga ujian bagi orang tua. Maka orang tua harus sabar dalam merawat anak-anak. Jadikan anak ladang amal untuk meraih pahala, bukan media berbuat dosa dengan berperilaku kejam.

Baca Juga:  Para Remaja, Ini 8 Cara Terhindar dari Pelecehan Seksual

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya diantara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya hartamu dan dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar” (At Taghabun : 14-15).

Ayat-ayat di atas adalah peringatan dari Allah SWT untuk semua orang tua yang diamanatkan seorang anak agar menyayangi serta merawatnya dengan penuh cinta dan kasih. Wallhu A’lam. (okezone.com/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional