Wanita, Anda Suka Berkendara Motor di Malam Hari? Ikuti Tips Aman Berikut!

Avatar of PortalMadura.Com
Wanita, Anda Suka Berkendara Motor di Malam Hari? Ikuti Tips Aman Berikut!
ilustrasi (otosemi.com)

PortalMadura.Com – Berkendara di memiliki risiko bahaya yang lebih tinggi untuk tindak kejahatan, khususnya bagi pemotor . Para pelaku kejahatan ini lebih memilih para kaum wanita yang mereka anggap lebih mudah untuk dijadikan korban.

Fenomena ini tentu saja membuat banyak wanita khawatir. Apalagi bagi mereka yang setiap harinya harus selalu pulang malam sendiri dan memakai kendaraan roda dua. Lalu, apa yang harus dilakukan para wanita supaya aman berkendara di malam hari?.

Berikut enam tips yang bisa dipraktekkan bagi pemotor wanita saat berkendara di malam hari:

Hindari Jalan yang Sepi dan Gelap
Jalanan malam hari pada umumnya memang selalu sepi dan gelap. Namun sebisa mungkin carilah jalan pulang melalui jalan-jalan besar atau jalan utama, meskipun mungkin bisa menambah jarak perjalanan Anda. jalan utama biasanya akan tetap ramai meskipun malam hari.

Jangan Membuka Handphone Selama di Perjalanan
Kebiasaan ini biasanya sangat sering dilakukan wanita. Ketika menunggu lampu traffic light berubah hijau, mereka sering iseng mengecek handphone mereka. Jika Anda sedang berkendara sendirian di malam hari, sebaiknya jangan pernah melakukan hal itu.

melihat Anda memiliki smartphone canggih bisa menimbulkan niat kejahatan bagi orang-orang jahat yang melihatnya.

Siapkan Semprotan Merica
Jika Anda memang sering berkendara sendirian di malam hari, ada baiknya Anda menyiapkan perlengkapan yang satu ini. Alat ini sudah cukup banyak dikenal di beberapa negara luar dan digunakan para wanita untuk membela diri ketika mereka menjadi korban kejahatan.

Campurlah merica bubuk dengan air dan masukkan ke dalam bekas botol parfum. Simpanlah semprotan merica ini di tas Anda. Anda tidak akan pernah tahu kan kapan Anda akan membutuhkannya.

Bergaya Seperti Pria
Cara ini memang sedikit aneh, namun tampaknya cukup efektif untuk Anda coba. Cobalah bergaya seperti pria saat Anda berkendara di malam hari, Anda bisa mengenakan helm full face atau mengenakan jaket dan sepatu model pria. Dengan melihat gaya pengendara motor seperti ini, para pelaku kejahatan akan berpikir dua kali untuk melakukan aksinya, mereka mengira calon korbannya adalah seorang laki-laki.

Simpan Nomor Kantor Polisi di Handphone Anda
Untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda menyimpan nomor kantor polisi yang terdekat dengan daerah yang selalu Anda lewati saat pulang kerja. Nomor kantor polisi juga bisa berguna ketika sewaktu-waktu Anda butuh bantuan di jalan.

Simpan Tas Anda di Tempat yang Aman
Tas merupakan barang yang biasanya jadi target utama untuk dirampas. Oleh karena itu, jangan sembarangan menyimpan tas Anda. Biasanya para wanita lebih banyak memakai tas jinjing atau tas selendang.

Jika Anda memakai tas selendang, posisikan tas Anda dibagian depan tubuh Anda. Jika Anda memakai tas jinjing, jangan menaruhnya sembarangan di bawah kaki Anda. Akan lebih aman jika Anda kaitkan terlebih dahulu tas Anda ke dalam jok motor Anda,setelah itu barulah simpan tas di bawah kaki Anda. (igaligo.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.