Wanita, Ini 6 Bahaya Jika Anda Kelebihan Hormon Estrogen

Avatar of PortalMadura.Com
Wanita, Ini 6 Bahaya Jika Anda Kelebihan Hormon Estrogen
Ilustrasi

PortalMadura.Com yang dikenal juga hormon seks biasanya menjadi penyebab lebih galak atau emosional saat menstruasi karena mengalami mood swing.

Bagi wanita keberadaan hormon estrogen penting untuk perkembangan seksual dan reproduksi. Karena fungsinya membantu tubuh untuk memulai perkembangan seksual, seperti mengatur siklus menstruasi dan mempengaruhi sistem reproduksi. Selain itu, kadarnya dalam tubuh wanita haruslah seimbang dengan hormon lainnya, tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah.

Meskipun hormon estrogen memiliki banyak manfaat bagi wanita, namun dalam beberapa kasus jika seseorang memiliki kelebihan hormon estrogen akan menjadi hal yang buruk dan berdampak pada kesehatannya. Misalnya meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, gangguan PMS, dan munculnya kanker di organ reproduksi.

Berikut ini beberapa efek samping kelebihan hormon estrogen yang perlu Anda waspadai:

Kenaikan Berat Badan
Kenaikan berat badan adalah salah satu efek samping kadar estrogen tinggi. Pasalnya, kadar estrogen yang tinggi bisa memicu peningkatan nafsu makan pada wanita.

Gairah Seks Rendah
Dorongan seks wanita bisa dipengaruhi oleh kadar estrogen yang tinggi. Jika seseorang memiliki kelebihan hormon estrogen maka akan berdampak pada penurunan gairah seksualnya akibat penurunan kepekaan dinding vagina terhadap rangsangan.

Penumpukan Cairan Dalam Tubuh
Kelebihan hormon estrogen juga akan membuat tubuh menyimpan lebih banyak air dan garam di dalam tubuh.

Kanker Payudara
Kanker payudara adalah efek samping dari kadar estrogen yang tinggi.

Endometriosis
Memiliki hormon estrogen yang tinggi bisa memicu timbulnya endometriosis.

Masalah Tiroid
Disfungsi tiroid bisa disebabkan akibat tingginya kadar estrogen. Pasalnya kadar estrogen yang tinggi menyebabkan produksi globulin pengikatan tiroid berlebihan oleh hati. (viva.co.id/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.