Inilah Jenis Makanan yang Harus Dihindari Selama Menstruasi

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Jenis Makanan yang Harus Dihindari Selama Menstruasi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Penting untuk Anda ketahui, ketika memasuki masa menstruasi, maka kondisi fisik juga mental seorang wnaita umumnya tengah berada pada kondisi yang tidak stabil.

Biasanya kita akan merasakan kram di bagian perut, namun umumnya haid juga kerap kali merasakan pegal di beberapa bagian tubuh, pusing bahkan emosi yang kian memuncak. Ketika itu, suasana hati seorang wanita yang tengah menstruasi juga sangat sulit untuk dikendalikan.

Namun sesungguhnya hal tersebut dapat dikurangi dan bahkan dapat dihilangkan selama periode menstruasi apabila anda menjaga pola makan dan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Nah, berikut ini ada beberapa jenis masakan yang sebaiknya dihindari selama periode menstruasi.

Makanan yang Dipanggang
Salah satu cara terbaik untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa nyeri selama periode menstruasi adalah dengan menghindari makanan dengan proses pengolahan dengan cara dipanggang. Sebab, pada setiap makanan yang dipanggang terkandung lemak trans dalam jumlah yang besar.

Hal ini dapat meningkatkan kadar hormon esterogen dalam tubuh, yang mana hormon ini adalah salah satu penyebab timbulnya rasa sakit pada rahim. Untuk itulah, hindarkan makanan yang dipanggang selama anda sedang dalam periode menstruasi.

Kafein
Kafein adalah salah satu makanan utama yang harus Anda hindari saat menstruasi. Hal ini dikarenakan kafein akan mempersempit pembuluh darah Anda dan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Penyempitan pembuluh darah menyebabkan sakit kepala dan rasa gugup.

Makanan Tinggi gGula
Wanita juga dianjurkan untuk menghindari mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi gula seperti permen, soda atau safron selama periode menstruasi. Hal ini dikarenakan makan makanan tinggi gula akan menyebabkan lonjakan gula darah. Ketika kadar gula darah Anda tiba-tiba jatuh, itu akan membuat Anda merasa kesal, rewel dan lesu.

Makanan Olahan
Semua jenis makanan kaleng atau olahan harus dihindari selama periode menstruasi. Makanan kaleng atau olahan mengandung banyak natrium. Dan, natrium harus dihindari selama masa menstruasi karena menyebabkan retensi air dan membuat tubuh membengkak. Jadi, disarankan untuk menghindari makanan olahan seperti olahan daging atau keju dan MSG. Juga, hindari makanan kaleng yang mengandung 200 mg sodium per porsi atau lebih.

Biji-bijian Olahan
Ketika biji-bijian asli mengalami pengolahan, mereka kehilangan hampir semua kandungan nutrisi mereka. Karena itu, biji-bijian olahan dapat mempengaruhi kadar gula darah. Makanan seperti pasta harus dihindari jika Anda ingin mengurangi gejala kram saat menstruasi.

Makanan yang Digoreng
Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak dan minyak yang dapat meningkatkan kadar estrogen. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng dan ayam goreng harus dihindari untuk menjaga tingkat estrogen tetap stabil. Cara ini dapat mengurangi kram dan nyeri saat menstruasi.

Itulah dia beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda hindari selama periode menstruasi. Untuk itu, hindari makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk mencegah gejala yang tidak menyenangkan terjadi pada Anda. (merdeka.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.