oleh

Warga Pulau Kangean Terancam Berlebaran Tanpa Sinar Listrik

PortalMadura.Com, Sumenep – Pulau Kangean Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terancam gelap gulita saat lebaran idul fitri 1436 H.

Stok solar untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) setempat nyaris habis. Sementara perahu pengangkut bahan bakar minyak (BBM) tidak bisa berlayar karena cuaca buruk dan terpaksa harus berlindung di Pulau Sapudi.

“Informasi yang kami terima, perahu pengangkut BBM untuk Kecamatan Arjasa Pulau Kangean terpaksa harus menepi di Pulau Sepudi karena tidak bisa melawan cuaca buruk,” ungkap Moh. Hosen, Camat Arjasa, Kamis (16/07/15).

Ia memaparkan, jika perahu pembawa BBM tersebut tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Kangean, maka akan terjadi pemadaman total, karena stok BBM untuk mesin PLTD di Arjasa hanya cukup hingga Jum’at (17/7/2015).

“Solar dibutuhkan sekitar 7 ton perharinya, sementara persediaannya hanya tinggal 14 ton. Kalau tidak ada pengiriman hingga Jum’at, Pulau Kangean akan gelap,” ujarnya.

Terpisah, Kepala PLN Sumenep, Slamet menyatakan, pengiriman BBM ke Kangean terjadi kendala yang disebabkan faktor cuaca. Perahu pengangkut BBM sebanyak 30 ton yang dikirim pada Sabtu (11/7/15), tertahan di Pulau Sepudi akibat cuaca buruk.

“Makanya ada penyusulan kiriman solar lagi dengan perahu kedua sebanyak 40 ton, melalui pelabuhan Saronggi,” terangnya.

Perahu yang mengangkut solar 40 ton melalui pelabuhan Saronggi itu sudah berangkat pagi tadi.

“Semoga saja perjalanannya lancar. Diperkirakan 12-14 jam akan tiba di Pelabuhan Arjasa, Pulau Kangean,” katanya.

Ditambahkan, sebagai antisipasi pemadaman total akibat habisnya stok BBM untuk PLTD, pihaknya memberlakukan pengurangan jam nyala listrik.

“Untuk hari-hari biasa listrik menyala pada pukul 16.30 WIB, dan padam pada pukul 05.00 WIB. Namun saat ini dikurangi, yakni hanya menyala pada pukul 17.00 dan padam pukul 23.00 WIB. Kemudian listrik akan kembali menyala pada pukul 02.00 – 05.00 WIB,” tuturnya. (arifin/har)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.