Waspada, 7 Perubahan Ini Bisa Memicu Kanker Payudara

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada, 7 Perubahan Ini Bisa Memicu Kanker Payudara
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memperhatikan penampilan memang penting, tapi memperhatikan kondisi jauh lebih penting bagi tubuh Anda. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah .

Ya, perubahan payudara pada perempuan memang tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya. Tanda-tanda perubahan yang terjadi juga tidak selamanya pemicu penyakit kanker. Tapi, menjaganya dengan baik bukankah merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan?.

Dengan demikian, ladies perlu menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari penyakit kanker. Karena, payudara dapat mematikan jika tidak terdeteksi dan diobati sejak awal. Mulai sekarang, cobalah untuk mengenali tanda-tanda peringatan dini dari kanker payudara.

Lantas, apa saja tanda-tandanya?. Berikut ini tujuh perubahan pada payudara yang perlu Anda waspadai :

1. Adanya benjolan atau penebalan di sekitar ketiak atau sisi dalam payudara. Biasanya benjolan itu kecil tapi makin lama semakin membesar.

2. Keluar cairan mengandung darah, cairan encer dengan warna merah atau coklat, keluar sendiri tanpa harus memijit puting susu. Hal ini berlangsung terus-menerus, hanya pada satu payudara (unilateral).

3. Rasa sakit terus menerus, biasanya di sekitar area payudara.

4. Terbentuk dimple (kulit mengkerut-cekungan pada kulit) di sekitar payudara.

5. Nyeri luar biasa dan rasa gatal di daerah puting.

6. Perubahan ukuran payudara.

7. Pembengkakan, kulit di sekitar payudara menjadi lebih gelap, dan muncul rasa kurang nyaman di sekitar payudara atau pada payudaranya.

Ke tujuh tanda-tanda di atas tidaklah sama antara wanita satu dengan yang lainnya. Intinya, walaupun tidak sama tapi mencegah terjadinya penyakit kanker sangat penting untuk Anda lakukan. Karena jika tidak sekarang kapan lagi? dan kalau bukan Anda sendiri yang menjaganya, siapa lagi? Semoga tetap sehat dan informasi ini bisa bermanfaat. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.