Waspada! Dua Kecamatan Ini Akan Terendam Banjir

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Dua Kecamatan Ini Akan Terendam Banjir
Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris

PortalMadura.Com, – Dua kecamatan di wilayah Bangkalan, Madura, Jawa Timur, diprediksi akan terendam banjir pada musim penghujan tahun ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan menyebutkan, Kecamatan Arosbaya dan Blega sudah menjadi langganan banjir tahunan.

“Menjadi atensi. Dua titik tersebut setiap tahunnya pasti terjadi banjir,” terang Kepala , Rizal Morris, Kamis (2/1/2020).

Penyebab banjir melanda dua titik tersebut, selain curah hujan diprediksi tinggi juga akibat air kiriman dari wilayah lain.

“Wilayah Blega air kiriman dari Konang. Kalau untuk Kecamatan Arosbaya kiriman dari sungai Geger,” sebutnya.

Banjir juga diakibatkan dari tersumbatnya gorong-gorong. Tumpukan sampah karena perilaku warga sekitar juga menjadi perhatian.

“Percuma pemerintah memperbaiki segala macam jika masyarakat sekitar tidak peduli terhadap lingkungan. Penanggulangan bencana bukan menjadi tugas pemerintah saja, tapi semua warga. Misalnya, jangan membuang sampah sembarangan,” katanya.

Pihaknya mengimbau agar para pimpinan yang ada di tingkat kecamatan sampai ke tingkat lurah harus bisa menyadarkan masyarakatnya agar peduli lingkungan. Tugas untuk meminimalisir terjadinya banjir butuh dukungan dari semua pihak dan bukan hanya dari BPBD.

“Kepala desa serta para camat punya peran penting untuk kebersihan sungai dan lingkungan agar saluran air tidak tersumbat,” ujarnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.