Waspada! Ini 3 Kesalahan Duduk yang Sering Buat Tubuh Sakit-sakitan

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Ini 3 Kesalahan Duduk yang Sering Buat Tubuh Sakit-sakitan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, rasa sakit dan nyeri yang dirasakan di badan diakibatkan karena kesalahan saat duduk. Seperti postur dan waktu duduk. Sayangnya, kesalahan-kesalahan itu dianggap biasa oleh sebagian orang.

Padahal, dampaknya bisa berbahaya. Maka dari itu, Anda perlu tahu dampak dari kesalahan umum saat duduk agar mulai saat ini Anda bisa menghindarinya.

Berikut tiga yang sering membuat badan sakit-sakitan:

Duduk Membungkuk di Depan Meja Kerja
Postur tubuh yang buruk saat duduk bisa membuat Anda merasa tidak nyaman, sekalipun kursi Anda nyaman. Hal ini bisa berpotensi menyebabkan sakit dan nyeri kronis, terutama jika Anda sering bekerja sambil duduk berjam-jam.

Dr. Keith Overland dari American Chiropractic Association mengatakan, bahwa banyak orang duduk di tepi kursi, lalu tanpa sadar membungkuk sambil menatap monitor. Posisi tegang ini bisa menyebabkan badan sakit akut bahkan kronis. Menurut WebMD, akibat dari ini antara lain sindrom karpal, cedera tendon, dan ketegangan otot.

Terlalu Tegang di Depan Kemudi
Bahkan saat Anda terjebak macet, postur duduk yang salah di depan kemudi bisa menjadi pemicu badan sakit akibat duduk. Overland menyarankan Anda untuk tetap tegak selama mengemudi. Sebagai bantuan, letakkan bantal di belakang punggung selama mengemudi agar tidak terlalu tegang.

Cara seperti itu juga membantu Anda duduk sedekat dan senyaman mungkin dengan kemudi. Agar lebih mendukung, pastikan lutut Anda sedikit lebih tinggi dari pinggul Anda.

Duduk Lama Tanpa Jeda
Semua orang pasti tahu bahwa duduk dalam waktu lama bisa berbahaya untuk kesehatan. Namun, sering kali orang terjebak dengan menumpuknya tugas atau kemalasan untuk berjalan. Berbagai masalah yang timbul selain kemungkinan keluhan sakit di punggung, paha, dan kaki adalah embolisme atau penyumbatan pembuluh darah yang bisa berbahaya.

Untuk menghindari risiko itu, Anda harus berusaha untuk memberi waktu jeda dengan bangun dan bergerak, seperti berjalan kaki dan lakukan peregangan. Cara minimal yang bisa Anda lakukan, sekalipun dalam posisi duduk, adalah peregangan di atas kursi. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.