oleh

Waspada! Ini 4 Kesalahan Orangtua yang Bisa Bikin Anak Miliki Body Image Negatif

PortalMadura.Com – Saat memasuki usia pra-remaja, seorang anak sudah mulai memiliki kesadaran terkait body image atau persepsi tentang postur tubuh ideal yang diinginkan. Pada fase ini tentu peran orangtua sangat berpengaruh.

Untuk itu, orang tua perlu hati-hati saat mengomentari keadaan tubuh anak, agar kelak buah hati Anda tidak memiliki body image yang negatif. Karena, kondisi ini berakibat anak akan mengalami gangguan makan, mood yang buruk serta rasa percaya diri yang rendah.

Loading...

Sabagai orangtua, Anda berperan dalam menjaga anak memiliki citra diri yang positif dengan tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang menimbulkan dampak tidak baik bagi anak.

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan empat kesalahan berikut ini yang bisa membuat anak memiliki body image negatif :

Mencela Tubuh Anak
Mungkin Anda berniat untuk membuat anak Anda lebih mawas soal berat badannya yang meningkat. Tapi jika dilakukan dengan tidak baik, yang ada anak Anda malah akan membenci tubuhnya.

Oleh karena itu, Anda perlu menghindari kata-kata seperti “kok perutnya gendut,” “ih perutnya buncit,” atau “kamu makannya jangan banyak-banyak kan udah gembrot,” hal ini yang dapat membuat anak memiliki citra diri yang negatif.