oleh

Waspada! Ini 5 Bahaya Gunakan Aplikasi VPN Gratis di Smartphone

PortalMadura.Com – Baru-baru ini pemerintah memutuskan untuk membatasi pengiriman foto dan video melalui aplikasi chatting, seperti WhatsApp dan aplikasi media sosial lainnya. Sehingga, hal ini membuat sejumlah pengguna smartphone mengakalinya dengan memasang VPN (Virtual Private Network) gratis.

Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa penggunaan aplikasi VPN gratis ini ternyata menyimpan bahaya. Beberapa di antaranya adalah aktivitas data yang dipantau hingga ancaman terhadap keamanan perangkat.

Maka dari itu, berikut ini lima bahaya tersembunyi gunakan aplikasi VPN gratis di smarphone:

Mengancaman Keamanan Perangkat
Salah satu fungsi utama VPN adalah melindungi akses internet pengguna dari hacker. Namun dari studi terbaru, beberapa aplikasi VPN gratis malah terinfeksi oleh malware. Kebanyakan malware itu ternyata berhubungan dengan iklan yang tampil di aplikasi VPN.

Seperti diketahui, VPN gratis biasanya menghadirkan iklan untuk mendapatkan pemasukan.

Memantau Aktivitas Online Pengguna
Bahaya lain yang cukup sering ditemui di aplikasi VPN adalah pemantauan aktivitas online perangkat yang memasangnya. Hal ini berdasarkan studi yang menyebut 72 persen aplikasi VPN disematkan pelacak pihak ketiga.

Biasanya, pelacak tersebut disusupkan untuk mengumpulkan data aktivitas online pengguna yang memakainya. Data tersebut biasanya digunakan pengiklan untuk memperlihatkan iklan tertarget.

Membatasi Kuota Internet
Salah satu kekurangan lain dari aplikasi VPN gratis adalah mereka membatasi jumlah kuota saat terhubung dengan internet. Jadi, pengguna hanya dapat mengakses internet melalui VPN dengan kuota tertentu, seperti 2GB.

Untuk itu, pengguna yang ingin mengakses internet melalui VPN dengan lebih leluasa harus merogoh kocek terlebih dahulu. Adapun harga yang ditawarkan juga beragam, tergantung penyedia layanan.

Baca Juga: Ingin Amankan Diri di Internet? Ini 3 Aplikasi Wajib Ada di Ponsel Anda

Memperlambat Jaringan Internet
Memakai aplikasi VPN gratis juga dapat mengakibatkan kecepatan internet menurun. Hal ini lumrah karena penyedia VPN memang mengatur kecepatan internet penggunanya yang gratis. Dengan cara ini, pengguna mau tidak mau harus membayar untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik.

Membanjiri Pengguna dengan Iklan
Mengingat aplikasi VPN ini gratis, pengguna tentu akan dibanjiri dengan iklan. Hal ini memang kerap mengganggu pengguna dan tidak jarang membuat bingung. Kehadiran iklan tidak sekadar mengganggu, tapi mereka juga dapat mempercepat kecepatan internet atau memancing pengguna masuk ke situs berbahaya.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar