Waspada! Ini 6 Dampak Negatif Konsumsi Lada Hitam Berlebihan

Avatar of PortalMadura.com
Vemale.com
ilustrasi (Vemale.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Salah satu jenis rempah yang sering digunakan berbagai masakan, terutama untuk masakan khas dari negara-negara barat, yaitu lada hitam. Masakan yang diberi bumbu rempah ini memang akan terasa lebih sedap, menggugah selera dan enak. Namun, jika mengonsumsi berlebihan bisa sangat berisiko buruk buat kesehatan.

Sebenarnya, mengonsumsi lada hitam memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Karena lada hitam mengandung antioksidan, enzim, protein dan vitamin yang baik. Lantas, apa saja efek samping mengonsumsi lada hitam berlebihan?.

Berikut enam dampak negatif mengonsumsi lada hitam berlebihan:

Masalah Pencernaan
Salah satu dampak negatif jika Anda mengonsumsi lada hitam terlalu banyak adalah masalah pencernaan yang juga dapat mengganggu perut Anda.

Sensasi Terbakar dalam Perut
Terlalu sering mengonsumsi lada hitam dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa terbakar di perut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggunakan lada hitam ketika makan.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang

Masalah Pernapasan
Mengonsumsi lada hitam dapat menyebabkan masalah pernapasan. Lada hitam sangat terkait dengan masalah pernapasan dan terlalu sering menggunakan rempah-rempah ini dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan, asma dan masalah pernapasan lainnya.

Membuat Kulit Kering
Menurut studi terbaru, mengonsumsi terlalu banyak lada hitam dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik. Jika Anda memiliki kulit kering, hindari mengonsumsi terlalu banyak lada hitam atau jangan makan-makanan yang sudah diresapi oleh lada hitam. Hal ini dapat memperburuk kondisi menjadi gatal dan sensitif.

Tak Baik untuk Kehamilan
Tubuh Anda terlalu peka terhadap rempah-rempah saat sedang hamil. Seorang perempuan hamil harus menghindari lada hitam karena dapat menyebabkan berbagai ketidaknyamanan selama bulan-bulan awal kehamilan.

Jika Anda senang dengan rasa pedas pada makanan, sebaiknya konsumsi lada hitam dengan takaran yang sedikit dan jangan terlalu sering menggunakannya pada makanan Anda. Mengonsumsi lada hitam dalam jumlah yang tinggi dapat meningkatkan risiko keguguran.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang

Hindari saat Menyusui
Lada hitam harus dihindari oleh perempuan, terutama saat mereka sedang menyusui. Mengonsumsi lada hitam dapat mentransfer rempah-rempah panas untuk ASI Anda, sehingga mengubah rasa susu dan juga menyebabkan masalah pencernaan pada si kecil. (suara.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.