Waspada! Ini 7 Efek Samping Facial Yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada! Ini 7 Efek Samping Facial Yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Perawatan facial merupakan perawatan kecantikan yang banyak dilakukan wanita untuk menjaga kesegaran dan kesehatan wajah. Perawatan ini juga diyakini dapat membersihkan wajah dari komedo dan jerawat.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa facial menyimpan efek samping yang bisa merugikan terhadap kecantikan Anda. Bukan berarti facial buruk untuk kulit. Hanya saja, setiap jenis perawatan, termasuk facial mengandung risiko tertentu.

Sebaiknya, sebelum Anda pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan ini, kenali jenis kulit Anda dan pahami kemungkinan yang bisa terjadi.

Berikut tujuh dampak negatif facial yang perlu Anda ketahui:

Iritasi
Kadang-kadang ramuan dan krim yang digunakan untuk facial mengandung bahan kimia dengan konsentrasi tinggi. Produk seperti ini bisa membahayakan kulit, terutama kulit yang sensitif. Salah satu gejalanya adalah iritasi dan gatal-gatal.

Wajah Mengalami Pembengkakan
Facial meliputi pengelupasan sel kulit mati. Proses ini penting untuk keremajaan kulit, namun juga bisa berdampak negatif jika dilakukan terlalu sering. Akibatnya, warna kulit jadi tidak rata dan bengkak.

Ruam kemerahan
Bahan kimia tertentu yang digunakan selama facial mungkin terlalu kuat atau tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, sehingga menyebabkan ruam kemerahan, pembengkakan, bahkan peradangan pada kulit.

Jerawat
Beberapa orang justru mengalami masalah jerawat setelah facial. Ini disebabkan karena proses eksfoliasi pada facial dapat membuka pori-pori dan merangsang produksi sebum. Namun hal ini bisa dicegah dengan toning kulit yang tepat.

Reaksi Alergi
Ada berbagai jenis facial yang ditawarkan oleh salon atau klinik kecantikan. Produk-produk yang digunakan pun biasanya berbeda. Bukan tidak mungkin salah satu produk ini menimbulkan reaksi alergi terhadap beberapa orang.

Jaringan Parut
Proses mengeluarkan komedo pada facial biasanya menggunakan jari atau alat khusus. Jika tidak dilakukan dengan teknik yang tepat, bisa menyebabkan luka. Kemungkinan terburuknya, terbentuk jaringan parut yang membuat kulit wajah tidak lagi mulus.

Kulit Kering
Facial terlalu sering dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit dan mengganggu keseimbangan pH kulit. Akibatnya, kulit jadi kering dan kusam.

Itulah beberapa efek samping dari facial yang perlu Anda waspadai. Ketahui risiko yang mungkin Anda hadapi sebelum mencoba setiap jenis perawatan. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.