Waspada! Ini Risiko Kesehatan Pria yang Berpoligami

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Ini Risiko Kesehatan Pria yang Berpoligami
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain pola hidup yang tidak baik seperti merokok, ternyata memiliki istri lebih dari satu atau juga berpengaruh terhadap kesehatan seorang pria. Kebanyakan penyakit yang menyerang mereka karena berpoligami adalah penyakit jantung.

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dipimpin oleh Amin Daolah dari King Faisal Specialist Hospital, Arab Saudi, meneliti pasien di lima rumah sakit yang ada di Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab. Hasilnya, dari 1.068 pria yang menjalani pengobatan penyakit jantung, ada 687 pria yang sudah menikah dan 229 diantaranya memiliki dua hingga empat istri.

Setelah diperdalam, ada beberapa faktor yang kemungkinan menjadi penyebab hubungan antara poligami dengan risiko penyakit jantung. “Bisa jadi karena menyediakan kebutuhan serta memelihara kebutuhan rumah tangga dari istri yang berbeda-beda membuat beban keuangan bertambah yang berdampak kepada emosi seseorang,” ungkapnya.

Selain itu, tuntutan para istri ingin diperlakukan setara juga membuat beban tersendiri bagi pria tersebut. Nah, faktor itu memicu pria yang menjalani pernikahan poligami memiliki stres tinggi.

Studi lain menunjukkan hormon yang dilepaskan saat stres mengganggu proses biologis pria yang pada akhirnya memengaruhi . Ini adalah studi pertama yang menyelidiki hubungan antara penyakit jantung dan pernikahan poligami. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.