Waspada! Stop Cuci Sepeda Motor Saat Mesin Masih Panas

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Stop Cuci Sepeda Motor Saat Mesin Masih Panas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika mencuci kesayangan, Anda tidak boleh asal-asalan. Pasalnya, salah perlakuan bukan membuat tampilannya menjadi kinclong dan bersih, malah menyebabkan kerusakan sebagian komponen.

Sebagaimana yang diungkapan oleh seorang Technical Service Training Development di Jakarta, Sarwono Edhi, bahwa mencuci sepeda motor saat kondisinya masih panas cukup berbahaya bagi komponen.

Lebih lanjut Sarwono membeberkan, jika hal itu kerap dilakukan, komponen-komponen yang terbuat dari logam bisa merenggang dan cepat rusak.

“Mencuci sepeda motor saat mesin masih panas usai di pakai dapat mengakibatkan distorsi blok mesin. Hal ini sangat berbahaya. Kondisi ini juga berlaku untuk bahan-bahan dari logam lain, seperti knalpot,” ujarnya.

Selain itu, mencuci pada kondisi seperti itu juga dapat merusak krom sepeda motor. Alhasil, krom cepat kusam dan pudar. “Sebaiknya tunggu mesin sudah dingin kalau mau mencuci sepeda motor. Dengan begitu, komponen sepeda motor jadi lebih awet.”

“Hal ini juga bisa mencegah deformasi atau perubahan bentuk komponen mesin yang terbuat dari logam akibat penurunan suhu yang cepat,” tutupnya.

Jadi, bagi Anda yang tidak ingin motor kesayangan Anda cepat rusak, berhati-hatilah dalam merawatnya, dalam hal kecil sekalipun seperti saat mencuci motor. (metrotvnews.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.