Wow, BMW Kembali Kembangkan Helm Canggih Setelah Head-Up Display

Avatar of PortalMadura.Com
Wow, BMW Kembali Kembangkan Helm Canggih Setelah Head-Up Display
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pabrikan motor asal Jerman, BMW Motorrad terus melakukan inovasi. Tidak hanya pada motornya, tetapi juga perlengkapan riding seperti helm.

Setelah BMW mempublikasikan helm head-up display-nya awal tahun ini. Kini, perusahaan otomotif yang satu ini  memiliki teknologi baru. BMW memanfaatkan sistem haptic (sistem interaksi manusia dengan komputer melalui layar sentuh yang bergetar), yang dipopulerkan oleh ponsel pintar, seperti iPhone dan Samsung. Nantinya sistem ini akan dihubungkan dengan komponen getar (aktuator), yang dipasang pada lapisan helm.

Aplikasi ini utamanya digunakan sebagai penunjuk jalan. Daripada harus melihat layar atau mendengar arahan GPS, maupun biker. Dengan helm haptic milik BMW ini, hanya perlu merasakan getaran saja di salah satu bagian dahi.

Selanjutnya, jika getaran di sebelah kanan, maka pengemudi harus mengarahkan kendaraannya ke sana, begitu pun sebaliknya. Lalu, frekuensi getaran pada helm akan semakin cepat, ketika belokan sudah semakin dekat.

Fungsinya pun bukan hanya itu saja, yaitu getaran pada bagian belakang kepala, yang menunjukkan ada kendaraan lain di belakang pengemudi atau di titik blind spot biker. Meski tidak dalam waktu cepat, namun helm ini sudah akan dipasarkan.

Teknologi helm haptic ini dikabarkan akan diaplikasikan bersamaan dengan helm head-up display. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.