Wow Ini 13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

6. Memperlambat penuaan kulit

Salah satu untuk kulit adalah memperlambat penuaan. Sebuah penelitian pada wanita di atas usia 45 tahun menemukan bahwa mengurangi tanda-tanda penuaan kulit.

Menggunakan gel lidah buaya selama 90 hari meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit.

7. Mengatasi Jerawat

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan selanjutnya, kemampuannya mengatasi jerawat. Sifat antibakteri lidah buaya dapat mencegah bakteri menginfeksi pori-pori kulit.

Lidah buaya juga membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit. Bagi mereka yang berjerawat, penggunaan lidah buaya dapat membantu regenerasi kulit, sehingga mencegah munculnya bekas luka.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

8. Dapat Melawan Kanker Payudara

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa senyawa dalam lidah buaya, aloe-emodin, memiliki sifat terapeutik.

Manfaat senyawa lidah buaya konon berpotensi memperlambat pertumbuhan kanker payudara. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hal ini.

9. Mengatasi Rambut Rontok

Kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan, yang juga dikenal sebagai kerontokan rambut. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa menggunakan lidah buaya pada rambut dapat membantu mengobati kerontokan rambut.

Bahkan, tanda-tanda pertama pertumbuhan rambut dapat diamati dalam waktu lima hari setelah menggunakan lidah buaya.

10. Pencernaan Lancar

Sementara sebagian besar manfaat lidah buaya berasal dari gel atau cairan yang terkandung di dalam tanaman, ada bagian lain yang berkhasiat.

Lateks, residu kuning lengket yang ditemukan di lapisan terluar daun lidah buaya, diketahui dapat membantu mengatasi sembelit. Hal ini karena kandungan aloin atau barbaroin di dalamnya memiliki efek pencahar alami.

11. Menurunkan

Lidah buaya bukanlah pengganti makanan sehat, -obatan, atau olahraga untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Meski begitu, lidah buaya dipercaya dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

Satu studi menemukan bahwa menggunakan bubuk lidah buaya dapat membantu mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik setelah 3-6 bulan penggunaan. Penelitian tersebut melibatkan 90 orang penderita diabetes yang tidak menggunakan insulin.

12. Meningkatkan fungsi hati

Fungsi hati adalah menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan fitonutrien yang tinggi dalam jus lidah buaya membantu menjaga kesehatan hati.

Lidah buaya juga melembabkan organ pencernaan.

13. Mengatasi Peradangan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecules menemukan bahwa ekstrak bunga dan daun lidah buaya memiliki sifat antioksidan. Antioksidan terutama terdapat pada kulit daun lidah buaya.

Antioksidan berperan penting dalam memerangi berbagai respon inflamasi yang disebabkan oleh stres oksidatif yang disebabkan oleh sel-sel radikal bebas dalam tubuh.

Wow, ternyata lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ya! Jika Anda tertarik menggunakan lidah buaya untuk mengobati masalah kesehatan tertentu, silakan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.