PortalMadura.com

Wow, Peneliti Jepang Temukan Cara Bikin Es Krim Tak Cepat Mencair

  • Selasa, 15 Agustus 2017 | 15:00
Wow, Peneliti Jepang Temukan Cara Bikin Es Krim Tak Cepat Mencair

PortalMadura.Com – Siapa coba yang tidak suka dengan es krim?. Rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan dingin membuat banyak orang menyukainya. Namun, setiap penikmatnya harus menghabiskan es krim dengan cepat. Karena, apabila terlalu lama dibiarkan maka akan mencair dan sensasinya akan berbeda dari biasanya.

Akan tetapi, sekarang Anda tidak perlu merasa khawatir dan tergesa-gesa lagi saat memakan es krim. Pasalnya, tim ilmuwan Jepang telah mengembangkan sebuah cara untuk membuat es krim tidak meleleh. Penemuan tersebut merupakan ketidaksengajaan yang dilakukan oleh seorang koki.

Koki di Jepang itu secara tidak sengaja menggunakan stroberi yang tumbuh di area gempa Bumi dan tsunami pada 2011. Ketika stroberi muncul, tidak ada yang menginginkannya karena bentuknya tidak seperti stroberi pada umumnya.

Koki tersebut mencoba menggunakan buah itu dengan cara lain, pada satu titik koki mendapatkan keluhan bahwa buah yang ditemukannya menyebabkan krim mengeras. Setelah mendengarkan keluhan, sebuah tim dari Universitas Kanazama meneliti lebih dekat dan menemukan bahwa stroberi tersebut memiliki senyawa yang disebut pilifenol yang dapat membuat krim mengeras.

Hari Jadi Sumenep

Tim peneliti kemudian membuat ekstrak buah stroberi dan melakukan percobaan dengan mencampurkan ekstrak itu dengan es krim. Hasilnya, proses pelelehan es krim melambat dari biasanya.

Karena ekstrak yang dihasilkan benar-benar alami, inspektur kesehatan Jepang tidak perlu melakukan pengujian terhadap ekstrak tersebut. Sebagai gantinya, ekstrak itu tersedia untuk pemilik toko lokal yang sedang dan akan menjual es krim dalam bentuk apapun.

Media lokal yang mengangkat berita tersebut dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Beberapa pelanggan melakukan percobaan dengan memegang es krim tersebut selama beberapa menit di bawah sinar Matahari langsung untuk melihat apakah es krim tersebut akan meleleh.

Sedangkan pelanggan lainnya melakukan percobaan dengan menggunakan pemanas buatan lainnya, seperti pengering rambut dan pemanas ruangan. Sebagai catatan, es krim yang sudah dicampurkan dengan ekstrak stroberi tersebut akan bertahan dengan bentuk aslinya selama beberapa jam dalam cuaca hangat.

Karena ekstrak stroberi tersebut masih baru, tidak ada kejelasan apakah akan di ekspor ke negara lainnya. Saat ini ekstrak stroberi tersebut hanya di jual di Jepang. (okezone.com/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional