oleh

Yuk, Cek Kesehatan Tubuh Anda Melalui Rambut Rontok

PortalMadura.Com – Rambut merupakan mahkota bagi para wanita, tentu saja membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Karena bila tidak, maka rambut akan terlihat kusam dan mudah sekali rontok.

Rambut rontok ternyata tidak hanya menandakan kulit kepala yang tidak sehat, ladies. Ia juga dapat menandakan beberapa masalah kesehatan di bawah ini. Yuk, simak!

Diet Terlalu Ketat
Diet yang terlalu ketat dapat menimbulkan banyak masalah. Tidak terkecuali rambut rontok. Berat badan yang turun lebih dari 6 kilo selama 3-6 bulan biasanya dapat menimbulkan masalah ini.

Stres dan Trauma Fisik
Tidak hanya memengaruhi suasana hati, stres juga dapat membuat rambut Anda rontok. Bahkan, stres yang parah dapat menyebabkan ½ hingga ¾ kerontokan rambut. Selain stres, trauma fisik seperti, kecelakaan, operasi besar, dan demam tinggi juga dapat menyebabkan kerontokan.

Tidak Cocok dengan Pil Kontrasepsi
Ladies, ternyata pil kontrasepsi juga dapat menyebabkan rambut rontok. Hormon yang menekan ovulasi dapat membuat pertumbuhan rambut menurun. Ini terutama terjadi pada Anda yang memiliki keturunan rambut rontok dalam keluarga. Namun, masalah ini biasanya akan hilang ketika Anda berhenti mengonsumsi pil.

Lupus
Bila kerontokan rambut sudah amat sangat mengkhawatirkan, ini bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit lupus. Disebabkan karena sistem kekebalan pada tubuh yang menyerang folikel rambut. Sehingga, rambut menjadi rapuh, tipis, dan mudah rontok.
(cosmopolitan/choir)



Komentar