oleh

Yuk Intip, 5 Perbedaan IGTV dan YouTube

PortalMadura.Com – Pengguna instagram mungkin sudah mengetahui keberadaan IGTV. IGTV merupakan fitur baru yang ada di Instagram. Dengan fitur baru ini, Anda dapat mengunggah video berdurasi 15 detik hingga 60 menit langsung di channel pribadi Anda.

Namun sayangnya, fitur baru ini disebut-sebut akan menjadi pesaing YouTube dalam platform streaming video lain. Lantas, apa perbedaan mencolok antara IGTV dan YouTube ? Yuk simak penjelasannya.

Format Video Vertikal
Ada terdapat perbedaan yang sangat menonjol pada IGTV dan YouTube.

IGTV didedikasikan untuk video dengan format vertikal, berbeda dengan YouTube yang dapat digunakan dengan format vertikal maupun horizontal.

Lebih Mudah Menyampaikan Informasi
Dengan format vertikal, para kreator dapat memposisikan frame video dengan ruang yang lebih luas untuk menempatkan informasi yang lebih mencolok dan dapat dibaca dengan mudah oleh para penontonnya.

Berbeda dengan video horizontal yang ada di YouTube, justru akan membuat informasi berupa teks menjadi lebih kecil dibandingkan dengan format vertikal.

Sulit Mengatur Group Shot
Format video vertikal juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah sulitnya kreator untuk memposisikan framing group shot atau memasukkan kelompok objek dalam sebuah video.

Posisi kamera harus diletakkan lebih jauh dibanding dengan menggunakan format video horizontal.

Mudah Menciptakan Efek Bokeh
Hal menarik dari format video vertikal adalah lebih mudah untuk menciptakan bokeh atau efek blur pada latar belakang sebuah gambar.

Dengan merekam pada format vertikal, kamera harus diletakkan lebih dekat pada objek sehingga dapat menghasilkan depth of field yang lebih baik untuk menghasilkan efek bokeh.

Tantangan untuk Konten Kreator
Jika melihat perbedaan antara IGTV dan YouTube, platform baru ini sangat menarik dan akan menjadi tantangan untuk penggunanya.

Ke depannya, para konten kreator akan berlomba-lomba untuk membuat konten kreatif yang unik dan berbeda dalam format vertikal. Apakah Anda salah satunya?

Itulah beberapa perbedaan mencolok antara IGTV dan YouTube. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Nanik)

Loading...