Yuk, Intip Bahaya Botol Air Minum Jarang Dicuci

Avatar of PortalMadura.Com
Yuk, Intip Bahaya Botol Air Minum Jarang Dicuci
Botol-botol plastik berisi air diteliti oleh para ilmuwan dari State University of New York (Foto. BBC)

PortalMadura.Com – Menerapkan hidup sehat bukan hanya dengan makan buah dan sayur saja, akan tapi juga banyak minum air putih. Dengan membawa sendiri ke mana pun anda pergi adalah salah satu cara membiasakan diri minum banyak air putih. Tentunya Anda juga butuh air minum untuk mendukung kebiasaan sehat ini.

Tapi ada hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda ingat, yaitu rajin mencuci botol air minum yang selalu anda pakai. Malas mencuci botol air minum bisa mengancam kesehatan anda lho, karena botol air minum yang bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Salah satu bakteri yang bisa menimbulkan risiko bahaya kesehatan adalah E.coli. Robert Glatter mengatakan bahwa “Bakteri ini bisa menyebabkan gastroenteritis atau infeksi usus”. Gejala awal yang timbul dan bisa dirasakan seperti mual, muntah, dan diare.

Ahli kesehatan menyarankan untuk mencuci botol air minum setiap hari. Akan lebih baik lagi jika punya beberapa cadangan botol air minum pengganti sehingga risiko berkembang biaknya bakteri menjadi lebih kecil.

Cara pencucian botol air minum sendiri sebenarnya tidak ribet, cukup dengan sabun cuci piring dan sikat bagian dalamnya dengan sikat botol. Gosok berulang kali bagian mulut botol dan tutupnya. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Bisa juga menggunakan air hangat atau cuka agar lebih steril dan higienis. Jangan lupa untuk mengeringkannya di bawah sinar matahari untuk mencegah kondisi lembab di dalam botol yang justru nyaman sebagai tempat berkembangnya bakteri.

Jadi, jika Anda tak ingin mengundang penyakit karena ingin menerapkan hidup sehat dengan banyak minum air, jangan lupa selalu rajin mencuci botol air minum Anda setiap setelah dipakai ya.(Vemale.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.