Yuk, Intip Jejak Peninggalan Belanda di Mercusuar Sembilangan Bangkalan

Avatar of PortalMadura.Com
Yuk, Intip Jejak Peninggalan Belanda di Mercusuar Sembilangan Bangkalan
Ist. Mercusuar Bangkalan (@tegoehgts)

PortalMadura.Com – Indonesia itu memang kaya akan peninggalan bangunan bersejarahnya. Salah satunya adalah mercusuar sembilangan yang merupakan jejak peninggalan Belanda terletak di Desa Sembilangan Kecamatan Socah, , Madura.

Mercusuar ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Z.M. Willem III. Menurut plat yang masih tertempel di menara suar ini, pembangunan selesai dilakukan pada tahun 1879. Artinya bangunan ini sudah berdiri selama 134 tahun. Dan memiliki ketinggian sekitar 78 meter yang terdiri dari 16 lantai biasa dan pada tingkat terakhir atau lantai ke 17 yang disiapkan untuk lampu mercusuar. Oh iya, hingga hari ini mercusuar ini masih berfungsi loh.

Pada malam hari lampu di puncak menara merupakan sahabat bagi ratusan kapal yang tengah mengarungi Selat Madura. Mercusuar Sembilangan berdiri di atas lahan seluas 1 Ha. Buat kamu yang pengen nongkrong disini, kamu gak akan dipungut biaya sepeser pun tapi wajib bayar parkir dan jaga kebersihan ya guys.

Guys, itu tadi jejak peninggalan Belanda di Bangkalan yang lagi hits di kalangan anak muda Pulau Madura dan sekitarnya. Kamu yang jauh dari Pulau Madura, kapan kesini? (ngadem.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.