2016, Naikkan Status Puskesmas Arjasa Pemkab Sumenep Anggarkan Rp4 Miliar

Avatar of PortalMadura.Com
2016, Naikkan Status Puskesmas Arjasa Pemkab Sumenep Anggarkan Rp4 Miliar
Ilustrasi Puskesmas Arjasa (rri.co.id)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyiapkan dana sebesar Rp4 miliar di APBD 2016 untuk merubah status Puskesmas Arjasa menjadi Rumah Sakit Pratama di Pulau Kangean.

“Tahun ini kami anggarkan Rp4 miliar untuk  pembangunan Puskesmas dan Rumah Sakit di Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean. Untuk merubah status Puskesmas menjadi rumah sakit itu harus ada rumah sakit baru,” ungkap kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, A Fatoni, Rabu (20/01/2016).

Menurutnya, dana miliaran rupiah itu dianggarkan untuk pembelian lahan dan gedung puskesmas baru sebesar Rp2 miliar dan pembangunan ruang Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit, Gudang Farmasi dan Poli Klinik.

“Anggaran yang ada itu untuk pembebasan lahan dan bangunan puskesmas yang baru serta ruang UGD, gudang farmasi dan poli klinik untuk persiapan rumas sakit,” bebernya.

Ia menyatakan, peningkatan status Puskesmas Arjasa menjadi Rumah Sakit tidak bisa direalisasikan dalam waktu singkat, sebab selain dana yang dibutuhkan sangat besar, yakni sekitar Rp100 miliar, juga banyak persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya sumber daya manusia (SDM).

“Palak para medis memang sebagian sudah ada, tinggal asisten bedah dan asisten kebidanan memang belum tersedia,” urainya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, sebelum nomen klatur Puskesmas itu dirubah menjadi Rumah Sakit, Pemkab harus menyiapkan anggaran Puskesmas baru sebab fungsi rumah sakit adalah kuratif dan rehabilitatif murni, sedangkan Puskesmas fungsinya adalah promotif, prefentif, kuratif dan rehabilitatif.

“Jadi tahun ini kami mengalokasikan anggaran untuk Puskesmas baru dan sarana Rumah Sakit,” ucapnya.

Fathoni memprediksi, perubahan status Puskesmas Arjasa menjadi Rumah Sakit Pratama itu baru akan terealisasi tiga tahun lagi, apalagi saat ini, tenaga dokter spesialis belum tersedia.

“Perubahan status Puskesmas Arjasa menjadi rumah sakit itu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat diwilayah sebab saat ini, fasilitas dan tenaga medis di daerah tersebut masih terbatas,” tukasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.